logo

presentasi zi

Kamis (24/09/2020) secara serentak pimpinan pengadilan agama se-wilayah Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta melakukan presentasi dihadapan Tim Pembangunan Zona Integritas dari Badilag.

Presentasi yang dilakukan secara virtual melalui zoom meeting dimulai tepat pada pukul 13.00 WIB, diikuti oleh 6 satker se-wilayah hukum PTA. Yogyakarta yakni PTA. Yogyakarta, PA. Yogyakarta, PA.Sleman, PA. Bantul, PA.Wonosari dan PA.Wates yang terdiri dari ketua atau wakil ketua pengadilan disertai para koordinator dari  6 area zona integritas.

Acara presentasi yang dimoderatori langsung oleh Ketua PTA. Yogyakarta Bapak Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H. ini berjalan lancar dan masing-masing pimpinan dengan penuh semangat memaparkan pembangunan zona integritasnya di satker masing-masing yang mereka pimpin.

Pengadilan Agama Wates sendiri menempati urutan ketiga dalam pelaksanaan presentasi tersebut. Eldi Harponi, S.Ag., M.H. selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Wates dengan performa yang sangat meyakinkan memaparkan proses di 6 area perubahan pembangunan zona integritas di Pengadilan Agama Wates. Perubahan-perubahan yang terjadi selama pembangunan zona itegritas mulai dari komitmen pimpinan terhadap pembangunan ZI, adanya role model dan agen perubahan, perbaikan layanan dengan adanya SOP, perbaikan sarana dan prasarana, layanan bagi disabilitas, penatalaksaan sumberdaya manusia yang kompeten dan sesuai bidangnya, keterlibatan pimpinan dalam penyusunan anggaran, hingga pengawasan dan peningkatan kualitas pelayan publik dipaparkan secara rinci oleh Eldi Harponi, S.Ag.,M.H. Selain itu juga beliau memaparkan beberapa inovasi unggulan yang terjadi selama pembangunan zona integritas di Pengadilan Agama Wates, diantaranya Inovasi WA-QU WA-MU, dimana berupa layanan WA terhadap para pencari keadilan dalam memperoleh informasi perkara di Pengadilan Agama Wates, ada juga inovasi amplop dan relaas anti gratifikasi bagi JS/JSP yang akan menyampaikan panggilan kepada para pihak.

Pada kesempatan yang sama beliau juga menyampaikan adanya kenaikan nilai Indeks Persepsi Anti Korupsi dari 3.96 di tahun 2019 menjadi 3.99 di semester I tahun 2020 sedangkan kenaikan nilai juga terjadi pada Indeks Kepuasan Masyarakat dimana nilai IKM di tahun 2019 sebesar 81.43 sedangkan di tahun 2020 mengalami kenaikan 84.54. ini menunjukan bahwa komitmen PA.Wates dalam pembangunan zona integritas membawa perubahan perbaikan yang signifikan. 

Diakhir presentasi wakil ketua Pengadilan Agama Wates menyampaikan kesimpulan bahwa PA. Wates telah melakukan pembangunan zona integritas, sehingga terwujud :

- Birokrasi yang Bersih, Akuntabel dan Berkinerja Tinggi

- Birokrasi yang Efektif dan Efisien

- Pelayanan Publik yang Baik dan Berkualitas

pembinaan siperpel

Dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap pencari keadilan dan meningkatkan kinerja SIPP peradilan agama di wilayah hukum PTA. Yogyakarta, Rabu (16/09/20) diterjunkan Tim Satgas  di Pengadilan Agama Wates. Kedatangan Tim Satgas dipimpin langsung oleh Ketua PTA. Yogyakarta Bapak Drs. H. Sarif Usman, S.H.,M.H., didampingi Hakim Tinggi Drs. H. Jasirudin, S.H., M.S.I., Hakim dari Pengadilan Sleman, Drs, Khotibul Umam serta  Pranata Komputer dari PTA. Yogyakarta Saiful Imam, S.Kom., kedatangan rombongan diterima langsung oleh wakil ketua PA.Wates, Eldi Harponi, S.Ag., M.H. didampingi Panitera, Sekretaris, pejabat fungsional dan pejabat struktural diruang ketua PA.Wates.

Pada acara pembinaan Ketua PTA. Yogyakarta menyampaikan bahwa peningkatan pelayanan terhadap pencari keadilan merupakan keharusan tiap satuan kerja. Peningkatan kinerja satuan kerja sudah dicanangkan oleh Mahkamah Agung melalui Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) dan yang terakhir sekarang kita sedang berupaya memberikan pelayanan yang terbaik melalu Pembangunan Zona Integritas. Beliau mengharapkan kepada PA.Wates selaku satuan kerja yang sudah mendapat nilai akreditasi  APM  A excellent agar terus ditingkatkan dan PA.Wates sebagai satuan kerja yang diusulkan  dalam pembangunan Zona Integritas dapat meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Selain itu Ketua PTA. Yogyakarta juga menyampaikan kedatangannya di PA.Wates ini dalam rangka mensosialisasikan Aplikasi Percepetan Pelayanan (SIPERPEL) yang teknis implementasi dan DDTK akan dikomandoi oleh Drs. Khotibul Umam.  Beliau mengharapkan, setelah aplikasi ini diterapkan di PA.Wates, dapat membantu percepatan pelayanan terhadap para pencari keadilan dan dapat membantu percepatan majelis dalam membuat berita acara sidang dan putusan, sehingga nilai rapor SIPP di lingkungan peradilan se wilayah hukum PTA. Yogyakarta dapat meningkat.  

Pada kesempatan yang sama Bapak Drs. H. Sarif Usman, S.H.,M.H., menyampaikan bahwa PA.Wates merupakan satuan kerja pertama yang beliau kunjungi setelah beliau dilantik sebagai KPTA baru di PTA. Yogyakarta. Beliau merasa  bangga karena kondisi kantor PA.Wates yang nyaman dan mendapat sambutan yang hangat selama kunjungannya yang pertama ini. 

ddtk siperpel

Teknis implementasi dan instalasi aplikasi percepatan pelayanan (SIPERPEL) di PA.Wates dipimpin langsung oleh Drs. Khotibul Umam dibantu oleh Saiful Imam, S.Kom. Pada kesempatan yang sama Drs, Khotibul Umam juga menyampaikan bahwa aplikasi SIPERPEL adalah aplikasi pendukung SIPP sehingga validitas input di SIPP merupakan sebuah keharusan, sehingga output yang dihasilkan pada aplikasi SIPERPEL akan sesuai dengan data dari SIPP.

Aplikasi SIPERPEL merupakan aplikasi pendukung SIPP dimana didalamnya terintegrasi aplikasi untuk antrian bagian pelayanan PTSP mulai dari antrian meja informasi, pendaftaran, meja kasir hingga antrian persidangan. 

 

 

audiensi bupati 2020

Bertempat di ruang kerja Bupati Kulon Progo, Selasa  (02/09/2020) Wakil Ketua Pengadilan Agama Wates, Eldi Harponi, S.Ag., M.H. disertai Panitera, Sekretaris dan rombongan melakukan ramah tamah dengan Bupati Kulon Progo,  Drs. H. Sutedjo. Kunjungan ini dalam rangka audiensi sekaligus sebagai bentuk "kula nuwun"  Eldi Harponi, S.Ag., M.H.yang belum lama dilantik sebagai Wakil Ketua di PA.Wates. "Selain perkenalan, kunjungan kami juga sebagai upaya mensinergikan sekaligus  manjalin silaturahmi, sehingga dimasa yang akan datang  hubungan Pengadilan Agama Wates  dengan pemerintah kabupaten Kulon Progo akan terjalin semakin harmonis", demikian yang disampaikan wakil ketua PA.Wates pada kesempatan tersebut.

Sementara itu Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo mengucapkan selamat bertugas kepada pejabat yang baru di Pengadilan Agama Wates, beliau juga menyambut positif kunjungan satuan kerja Pengadilan Agama Wates, "Kehadiran pejabat baru di Pengadilan Agama Wates diharapkan  sebagai langkah awal meningkatkan prestasi sekaligus menciptakan suasana kerja yang lebih kondusif".

Eldi Harponi, S.Ag., M.H. menyampaikan bahwa dalam mengemban amanah sebagai wakil ketua beliau membutuhkan bimbingan dari semua pihak, "Insya Allah saya bisa bekerja sama dengan seluruh elemen pegawai Pengadilan Agama Wates", pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Eldi Harponi, S.Ag., M.H. dilantik dan diambil sumpah sebagai Wakil Ketua PA.Wates pada hari Jumat (14/08/20), sebelumnya beliau menjabat sebagai Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan, Medan, Sumatera Utara. 

Pimpinan PA. Wates Mengikuti Rapat Koordinasi Pemaparan Capaian Program Kerja Tahun 2020, APM dam ZI di PTA. Yogyakarta

 

rakor cap kerja 2020

Kamis (27/08/2020), Wakil Ketua PA. Wates Eldi Harponi, S.Ag., M.H. didampingi Suhartadi, S.H selaku Panitera dan Agung Ridwan Sani, S.H., M.H. selaku Sekretaris PA.Wates menghadiri Rapat Koordinasi Pemaparan Capaian Program Kerja Tahun 2020, APM dan Zona Integritas di PTA. Yogyakarta.

Acara di hadiri oleh Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris PTA.Yogyakarta dan para Ketua, para Wakil Ketua, para Panitera dan para Sekretaris Pengadilan Agama se-wilayah PTA. Yogyakarta ini dibuka tepat pukul 09.00 WIB oleh Sekretaris PTA. Yogyakarta Karyarini Fatonah, S.H., M.M.

Secara virtual melalui video teleconference zoom dalam sambutannya Ketua PTA.Yogyakarta Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H menyampaikan program kerja yang sudah dicanangkan oleh masing-masing satuan kerja sudah seharusnya dilaksanakan sepenuh hati, sehingga mendapat capaian dan output yang maksimal. Adapun setiap kendala yang muncul agar selalu dikoordinasikan dengan tingkat banding. Agar diperhatikan pula bahwa setiap inovasi harus dibuatkan surat keputusan, kapan inovasi itu dilaunching, harus didokumentasikan dengan baik.

Pada acara tersebut para ketua atau wakil ketua dari masing-masing pengadilan memaparkan capaian program kerja tahun 2020  serta melaporkan progress kegiatan APM dan ZI dimasing-masing satuan kerja melalui presentasi singkat selama 20 menit dan dimoderatori oleh Wakil Ketua dan Sekretaris PTA. Yogyakarta.

rakor cap program kerja 2020 presentasi

Wakil Ketua PA. Wates, Eldi Harponi, S.Ag., M.H. dalam pemaparannya menyampaikan capaian program kerja tahun 2020 di PA. Wates, serta kendala-kendala yang ada selama melaksanakan program kerja tersebut. Pada kesempatan yang sama, beliau juga menyampaikan pada tahun 2020 ini PA. Wates sudah siap untuk dinilai zona integritasnya menuju Wilayah Bebas Korupsi.

Dalam pembinaannya Wakil Ketua PTA. Yogyakarta menyampaikan beberapa poin penting kepada para peserta rapat koordinasinya, diantara :

  1. Upaya peningkatan SIPP, para pimpinan di pengadilan harus berpikir out of the box, berani mengambil kebijakan untuk memacu penyelesaian perkara, seperti memberikan peghargaan atau reward kepada majelis yang berpretasi memutus perkara serta bisa mengunggahnya di SIPP secara one day publish dan one day minute. Sehingga akan terjadi kompetisi yang positif diantara para majelis.
  2. Diupayakan minimal ada 1 satgas SIPP di masing-masing pengadilan, sehingga bisa memantau perkembangan SIPP. Sehingga naik turunnya rapor SIPP bisa dipantau dan dilaporkan secara reguler kepada pimpinan.
  3. Pada masa pandemi Covid-19, kita harus tetap bisa berinovasi, seperti yang telah dilakukan di PTA. Yogyakarta yakni membuat TV Pengadilan yang meliput berbagai aktivitas di satuan kerja pengadilan se PTA. Yogyakarta.

Sementara itu Sekretaris PTA. Yogyakarta menyampaikan, bahwa penilaian Zona Integritas tahun ini akan dilakukan secara online melalui web dan media sosial, sehingga di harapkan seluruh pengadilan yang diajukan sebagai satuan kerja WBK harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

Sebelum diacara ditutup, Panitera Yogyakarta Drs. H. Misbahul Munir, S.H., M.H. menyampaikan pesan bahwa beliau sering mereview rangking SIPP di Wilayah Yogyakarta, agar menjadi dorongan dan motivasi agar rangking SIPP semakin meningkat.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Wakil Ketua dan Pelantikan Hakim PA. Wates

pelantikan waka eldi 2020 min

Bertempat di ruang sidang I Pengadilan Agama Wates, Jumat (14/08/20) dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah Wakil Ketua PA. Wates yang baru Eldi Harponi, S.Ag., M.H. Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah dilaksanakan langsung oleh Ketua PA.Wates Drs. Nasrul, M.A. tepat pukul 14.00. WIB dihadiri oleh Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Fungsional dan Pejabat Struktural dan seluruh pegawai pengadilan Agama Wates. Eldi Harponi, S.Ag.,M.H. menduduki kursi wakil ketua PA.Wates menggantikan wakil ketua PA.Wates sebelumnya Nur Lailah Ahmad, S.H. yang promosi menjadi Ketua PA. Ambarawa bulan Mei 2019 silam.

Pada hari dan tempat yang sama Drs. Nasrul, M.A. juga melantik Hakim yang baru Dr. Dani Ramdani, S.H.I., M.H. yang sebelumnya bertugas sebagai hakim di PA. Sukadana. Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah wakil ketua dan hakim ini berjalan khidmat dan lancar serta tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan dan penyebaran virus Covid-19, semua tamu yang hadir selain dicek suhu juga tetap memperhatikan physical distancing.

Setelah acara pelantikan dan pengambilan sumpah, dalam sambutannya Drs. Nasrul, M.A. menyampaikan selamat datang kepada para pejabat yang baru dilantik dan diambil sumpah, semoga kehadiran para pejabat baru yang dilantik dapat membawa warna dan suasana baru di PA.Wates beliau juga berharap prestasi yang sudah didapat di pengadilan agama sebelumnya dapat diterapkan di PA.Wates sehingga prestasi PA.Wates dapat lebih meningkat dimasa yang akan datang. Beliau juga menyampaikan, setelah acara pelantikan ini beliau memohon pamit kepada seluruh pegawai PA.Wates, karena pada hari Rabu (19/08/20) akan dilantik sebagai Wakil Ketua PA. Bogor kelas IA.

Dalam perkenalannya Eldi Harponi, S.Ag., M.H. dan Dr. Dani Ramdani, S.H.I., M.H. keduanya menyampaikan rasa bahagianya atas sambutan warga Pengadilan Agama Wates, beliau berharap dapat bekerja sama dengan seluruh elemen pegawai di PA.Wates dengan sebaik-baiknya.

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA WATES KLAS I B

Jl. K. H. Ahmad Dahlan Km.2,6 Wates, KP

Daerah Istimewa Yogyakarta

Telp: 0274-773053 / Fax: 0274-773478

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.ahoo.com

 

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

efbee pawates.diy

twiiter PaWates

insta pa.wates

youtube Pengadilan Agama Wates 

whatsapp 082138348257