logo

Ketua PT Surabaya Menutup Diklatpim IV Angkatan 26 dan 27 Mahkamah Agung

Kasubbag Kepegawaian dan Ortala PA Wates Raih Peringkat Terbaik II

Surabaya, pa-wates.go.id (20/05/19)

Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya,  menutup secara resmi Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan (Diklatpim) IV angkatan 26 dan 27 Mahkamah Agung yang bekerja sama dengan Balai Diklat Kementerian (BDK) Agama Surabaya.

Acara penutupan yang dilaksanakan di ruang multimedia BDK Kementerian Agama Surabaya ini dihadiri seluruh peserta diklat, widyaiswara, pejabat di lingkungan BDK Surabaya.

Kegiatan yang telah berlangsung semenjak bulan Februari ini diikuti peserta sekretaris dan kepala subbagian dari empat peradilan di lingkungan Mahkamah Agung yang terdiri dari dari delapan provinsi di Indonesia.

Diklatpim IV ini diikuti juga oleh dua orang pejabat struktural PA Wates, yaitu “Kasubbag Kepegawaian dan Ortala, Nur Asiyah, SE., dan Kasubbag Perencanaan, TI, dan Pelaporan, M. Arief Jauhari, S.A.P.

“Dari peserta Diklatpim IV yang berjumlah 80 orang, 79 peserta telah menyelesaikan pendidikannya. Sementara satu orang mengundurkan diri karena sakit,” sambut Kepala Subbagian Program dan Rencana Mahkamah Agung.

Dalam sambutannya, Ketua PT Surabaya menyampaikan harapannya agar peserta dapat menerapkan ilmu yang diperolehnya dan menjadi agen perubahan di instansi masing-masing.

Dalam acara tersebut juga diumumkan masing-masing lima peserta yang meraih nilai terbaik dari masing-masing angkatan. Dalam pengumuman itu diketahui pula bahwa Kasubbag dan Ortala PA Wates, Nur Asiyah, dinyatakan sebagai peserta terbaik kedua untuk angkatan 27 dengan nilai 96,7.

Mengetahui informasi yang juga dirilis oleh akun Instagram Badan Litbangdiktlat Kumdil MA, Nur Asiyah langsung mendapat ucapan selamat pimpinan, sekretaris, dan seluruh hakim dan pegawai PA Wates.

Nur Asiyah mengaku tidak menyangka dapat menduduki peringkat terbaik kedua dari peserta yang berasal dari beberapa provinsi, termasuk yang berasal dari wilayah Jawa Timur dan sekitarnya, yang pesertanya juga tidak hanya terdiri dari para kepala subbagian, tetapi juga sekretaris pengadilan yang belum mengikuti Diklatpim IV.

"Semua capaian ini tidak terlepas dari dukungan pimpinan PA Wates, khususnya Bapak Sekretaris, Nali Triafairuzzi, yang selalu memberikan dukungan dari awal. Bahkan berkenan datang langsung ke Surabaya dalam ujian seminar proyek perubahan," Ujarnya.

Meski mengaku senang, Nur Asiyah juga mengaku sedih karena harus berpisah dengan kawan-kawan peserta diklat yang telah bersama-sama menjalani pendidikan dalam suka dan duka selama beberapa bulan di Surabaya.

Profesor Livia dari Universitas Oxford Berkunjung di Pengadilan Agama Wates

Pa-wates.go.id , 28/04/19

Pengadilan Agama Wates medapat kunjungan Profesor Livia dari Universitas Oxford. Kedatangan Profesor Livia disambut Ketua Pengadilan Agama Wates, hakim, Wakil Ketua, dan pejabat Pengadilan Agama Wates.

“Tujuan kedatangan Profesor Livia adalah untuk membuat film dokumenter mengenai kiprah hakim perempuan di lingkungan peradilan agama Indonesisa,” ungkap Profesor Euis Nurlaelawati dari Kalijaga Institute for Justice (KIJ) UIN Sunan Kalijaga yang mendampingi profesor dari Universitas Oxford tersebut.

Menurutnya, kiprah hakim perempuan, khususnya di lingkungan pengadilan agama selama ini jarang terekspose. Padahal sudah banyak dari mereka telah memberikan kontribusi yang tidak kecil dan banyak yang telah memiliki jabatan strategis di peradilan agama.

sosialisasi Parameter Modelling Pengadilan Agama Responsif Hak Perempuan dan Anak di PA Wates

pa-wates.go.id, Jumát (01/02/18)

Bertempat di di Pengadilan Agama (PA) Wates, Kalijaga Institute for Justice (KIJ) UIN Sunan Kalijaga, hari Jumát (01/02/18) mengadakan sosialisasi Parameter Modelling Pengadilan Agama Responsif Hak Perempuan dan Anak. Bertindak selaku narasumber dalam sosialisasi ini adalah Direktur KIJ, Dr. Siti Ruhaini Dzuhayatin, MA. Acara dihadiri seluruh unsur pimpinan, hakim, dan pegawai PA Wates.

“Melalui sosialisasi ini kita berharap agar seluruh aparatur PA Wates dapat memperkaya wawasan dan menemukan praktik terbaik dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan,”sambut Ketua PA Wates, Drs. Nasrul, MA., saat membuka acara.

Dalam kesempatan tersebut Ruhaini selaku narasumber utama menyampaikan pentingnya sosialisasi parameter ini sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat khususnya terhadap perempuan dan anak. Menurutnya, pengadilan agama merupakan salah satu instansi yang banyak bersentuhan langsung dengan perempuan dan anak sehingga menjadi mitra strategis bagi KIJ.

“Pelayanan terhadap perempuan dan anak kerap terabaikan di masyarakat karena kurangnya pemahaman terhadap kebutuhan yang memerlukan perhatian yang lebih khusus,” ujarnya.

 

Setelah beberapa waktu yang lalu RSUD Wates dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mendapat penghargaan jadi Wilayah Bebas Korupsi (WBK), kemudian diikuti Polres Kulon Progo yang mendapat penghargaan Zona Integritas. Saat ini telah dilakukan Pencanangan Zona Integritas pada Pengadilan Agama Wates menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Pencanangan dilakukan di Pengadilan Agama Wates, Kamis (20/12/2018) oleh Ketua Pengadilan Agama Wates, Drs.Nasrul,MA disaksikan Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta, Ketua Pengadilan Negeri Wates, Polres Kulon Progo, Komandan Kodim 0731, Pimpinan Cabang BRI Wates, dan tamu undangan.

Dengan pencanangan ini, Bupati menyatakan bangga terhadap Pengadilan Agama Wates dan jajaran yang telah berkomitmen untuk menjalankan birokrasi yang bersih menuju  Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Kabupaten Kulon Progo punya zona integritas di bawah Pemerintah Daerah, RSUD Wates dan Dinas Dukcapil. Di jajaran kepolisian unit kerja juga mendapat penghargaan zona integritas. Saya berharap dengan komitmen-komitmen ini nanti akan bertambah lagi dari Pengadilan Agama dan yang lain” kata Bupati Kulon Progo dokter Hasto.

Ketua Pengadilan Agama Wates Drs.Nasrul,MA berharap dengan adanya Zona Integritas pelayanan kepada masyarakat dapat lebih cepat, tepat dan profesional. Kegiatan ini juga untuk menumbuhkan komitmen Pengadilan Agama Wates dalam menjaga integritas, serta memberikan pelayanan kepada masyarakat secara prima yakni bisa lebih cepat, tepat dan profesional.

“Tujuan dari Zona Integritas ini adalah mensukseskan reformasi birokrasi yang ini merupakan langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah yang baik, efektif, dan efisien” kata Drs.Nasrul,MA.

Bupati Kulon Progo pada kesempatan ini, selain membahas zona integritas juga menyinggung masih tingginya angka perceraian di Kulon Progo yang dinilai masih tinggi.

“Cerai di Kulon Progo temasuk tinggi, ini menyedihkan, karena cerai sekitar 600 lebih/ tahun. Padahal perkawinan 3.000/tahun. Maka minta masukan, saran dari pengadilan apa yang harus dilakukan karena banyak yang tahu permasalahan. Kawin usia muda juga cukup tinggi. Di Kulon Progo, selama ini dibuat modul kesehatan reproduksi agar anak tahu resiko kawin usia dini.” Kata dokter Hasto.

(at@humaskp)

Pembinaan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama D. I. Yogyakarta

Ketua PTA: Jangan Menyepelekan Siapapun Yang Berperkara. Semua Harus Dilayani dengan Baik

pa-wates.go.id | Kamis, 02/08/18

Ketua PTA D. I. Yogyakarta Drs. Said Mundji, SH., hari Kamis (02/08/18) melakukan kunjungan kerja di PA Wates. Dalam kesempatan tersebut, Ketua didampingi Wakil Ketua PTA Yogyakarta., Panitera PTA Yogyakarta, dan Sekretaris PTA Yogyakarta.

Kunjungan dimanfaatkan oleh para pimpinan PTA tersebut dalam menyampaikan pembinaan dan sosialisasi kebijakan terkini dari pimpinan Mahkamah Agung kepada seluruh pegawai PA Wates.

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA WATES KLAS I B

Jl. K. H. Ahmad Dahlan Km.2,6 Wates, KP

Daerah Istimewa Yogyakarta

Telp: 0274-773053 / Fax: 0274-773478

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.ahoo.com

FB: https://www.facebook.com/pawates.diy

Twitter : https://twitter.com/PaWates

IG : https://www.instagram.com/pa.wates/