logo

Written by Administrator on . Hits: 63

presentasi zi

Kamis (24/09/2020) secara serentak pimpinan pengadilan agama se-wilayah Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta melakukan presentasi dihadapan Tim Pembangunan Zona Integritas dari Badilag.

Presentasi yang dilakukan secara virtual melalui zoom meeting dimulai tepat pada pukul 13.00 WIB, diikuti oleh 6 satker se-wilayah hukum PTA. Yogyakarta yakni PTA. Yogyakarta, PA. Yogyakarta, PA.Sleman, PA. Bantul, PA.Wonosari dan PA.Wates yang terdiri dari ketua atau wakil ketua pengadilan disertai para koordinator dari  6 area zona integritas.

Acara presentasi yang dimoderatori langsung oleh Ketua PTA. Yogyakarta Bapak Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H. ini berjalan lancar dan masing-masing pimpinan dengan penuh semangat memaparkan pembangunan zona integritasnya di satker masing-masing yang mereka pimpin.

Pengadilan Agama Wates sendiri menempati urutan ketiga dalam pelaksanaan presentasi tersebut. Eldi Harponi, S.Ag., M.H. selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Wates dengan performa yang sangat meyakinkan memaparkan proses di 6 area perubahan pembangunan zona integritas di Pengadilan Agama Wates. Perubahan-perubahan yang terjadi selama pembangunan zona itegritas mulai dari komitmen pimpinan terhadap pembangunan ZI, adanya role model dan agen perubahan, perbaikan layanan dengan adanya SOP, perbaikan sarana dan prasarana, layanan bagi disabilitas, penatalaksaan sumberdaya manusia yang kompeten dan sesuai bidangnya, keterlibatan pimpinan dalam penyusunan anggaran, hingga pengawasan dan peningkatan kualitas pelayan publik dipaparkan secara rinci oleh Eldi Harponi, S.Ag.,M.H. Selain itu juga beliau memaparkan beberapa inovasi unggulan yang terjadi selama pembangunan zona integritas di Pengadilan Agama Wates, diantaranya Inovasi WA-QU WA-MU, dimana berupa layanan WA terhadap para pencari keadilan dalam memperoleh informasi perkara di Pengadilan Agama Wates, ada juga inovasi amplop dan relaas anti gratifikasi bagi JS/JSP yang akan menyampaikan panggilan kepada para pihak.

Pada kesempatan yang sama beliau juga menyampaikan adanya kenaikan nilai Indeks Persepsi Anti Korupsi dari 3.96 di tahun 2019 menjadi 3.99 di semester I tahun 2020 sedangkan kenaikan nilai juga terjadi pada Indeks Kepuasan Masyarakat dimana nilai IKM di tahun 2019 sebesar 81.43 sedangkan di tahun 2020 mengalami kenaikan 84.54. ini menunjukan bahwa komitmen PA.Wates dalam pembangunan zona integritas membawa perubahan perbaikan yang signifikan. 

Diakhir presentasi wakil ketua Pengadilan Agama Wates menyampaikan kesimpulan bahwa PA. Wates telah melakukan pembangunan zona integritas, sehingga terwujud :

- Birokrasi yang Bersih, Akuntabel dan Berkinerja Tinggi

- Birokrasi yang Efektif dan Efisien

- Pelayanan Publik yang Baik dan Berkualitas

Add comment


Security code
Refresh