logo

Written by Administrator on . Hits: 32

hatiwasda sep 2020

Hakim Tinggi Pembinaan dan Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta sejak Selasa (22/09/20) sampai dengan Rabu (23/09/20) melakukan pembinaan dan pengawasan selama dua hari di PA. Wates. Sesuai surat tugas dari Ketua PTA. Yogyakarta No. W12-A/1966/PS.01/IX/2020 Tim Pembinaan dan Pengawasan di Pengadilan Agama Wates di ketuai oleh  Drs. H. Turiman, S.H. disertai H. Mudjito, S.H., M.H., Helmi Ashari, S.H. dan Fajar Widodo, SHI, MHP.  

Dalam pemaparan eksposenya, ketua tim menyampaikan bahwa, “seyogyanya ekspose akan dilakukan pada hari Kamis (24/09/20), namun karena PTA.Yogyakarta sedang ada visitasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) dari Badilag, maka ekspose di tunda hari Jumat (25/09/20) ini,  namun dekimian ekspose kali ini PA.Wates beruntung karena Wakil Ketua PTA. Yogyakarta Dr. H. Imron Rosyadi, S.H., M.H. ikut serta untuk memberikan pembinaan”, demikian kata pembukaan beliau.

Dalam pemaparan eskposenya  Drs. H. Turiman, S.H mengatakan  bahwa dari sisi administrasi manajemen peradilan PA. Wates wajib mempertahankan predikat APM A excellent.  “Dokumen-dokumen harap di update, termasuk SOP-SOP yang memang ada perubahan segera dilakukan perubahan, jangan lupa pula untuk melakukan monev secara periodik disetiap kegiatan yang sudah dilakukan” demikian pesan beliau.

Pada acara ekspose tersebut baik pengawas administrasi perkara, administrasi manajemen peradilan dan pelayanan publik, dan pengawas bidang umum dan kesekretariatan memaparkan hasil pengawasan secara bergantian, namun demikian menurut Drs. H. Turiman, S.H tidak ada temuan yang bersifat mayor, sehingga bisa diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat.

Dalam pembinaannya Wakil Ketua PTA. Yogyakarta Dr. H. Imron Rosyadi, S.H., M.H. menyampaikan bahwa beliau berbahagia karena bisa bersilaturahmi ke PA. Wates. Beliau juga bangga karena kondisi PA.Wates yang sudah demikian bagus, baik sarana dan prasarananya.

Pada kesempatan yang sama, beliau menyampaikan bahwa orang yang datang ke pengadilan adalah orang yang sudah membawa masalah dari rumah, sehingga diharapkan pelayanan di pengadilan dilakukan dengan baik. Beliau mencontohkan, tirulah pegawai bank, mereka dikomplain oleh nasabah, masih memberikan senyum dan pelayanan yang baik.  Demikian juga kita, jangan lupa untuk selalu membudayakan budaya 3 S, senyum, sapa dan salam dalam setiap pelayanan.

Menyinggung rapor SIPP, Dr. H. Imron Rosyadi, S.H., M.H. menyampaikan rasa salut kepada jajaran PA.Wates, karena dengan keterbatasan jumlah hakim dan pegawai,  PA.Wates masih bisa menunjukan kinerja yang bagus, ini dapat dilihat dari rapor penanganan perkara SIPP yang memperlihatkan progress kenaikan peringkat, ujarnya.

Ekspose tersebut dihadiri seluruh hakim, pegawai dan tenaga honorer di PA Wates  bertempat di aula PA.Wates. Dalam acara penutupan, wakil ketua PA.Wates Eldi Harponi, S.Ag., M.H. menyampaikan bahwa hasil pengawasan ini akan segera ditindaklanjuti sesegera mungkin. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim Pembinaan dan Pengawasan PTA. Yogyakarta, karena hasil temuan pengawasan ini merupakan bentuk kasih sayang dan perhatian orang tua kepada anaknya agar lebih baik dalam memberikan pelayanan.

Add comment


Security code
Refresh