logo

Written by Rifqi on . Hits: 98

Ketua Pengadilan Agama Wates Mengikuti Profile Assessement dan Fit and Proper Test Pimpinan Pengadilan Agama Kelas IA

Selasa 23 Juni 2020, bertempat di ruang khusus teleconfrence Pengadilan Agama Wates, Ketua Pengadilan Agama Wates Drs. Nasrul, M.A. mengikuti seleksi calon pimpinan Mahkamah Syari’ah/ Pengadilan Agama Kelas IA, Hal ini Berdasarkan atas Surat Dirjen Badilag Nomor 2034/DjA/KP.04.6/6/2020, tanggal 8 Juni 2020 perihal Profile Assessement dan Fit and Proper Test Calon Pimpinan Mahkamah Syari’ah Aceh/ Pengadilan Tinggi Agama dan Calon Pimpinan Mahkamah Syari’ah/ Pengadilan Agama Kelas IA.

Drs. Nasrul, M.A. (Ketua PA Wates) sedang bersiap untuk mengikuti ujian menjadi Pimpinan Pengadilan Agama Kelas IA

Ada dua tahapan yang harus diikuti setiap peserta selama proses seleksi yang diadakan oleh Ditjen Badilag ini. Ditahap pertama seluruh peserta wajib mengikuti Profile Assessment. Bekerjasama dengan PPSDM, selama satu hari penuh setiap peserta akan diukur terkait aspek-aspek psikologisnya melalui tes tulis secara virtual dan wawancara virtual dengan psikolog PPSDM.

Hasil penilaian aspek psikologis yang meliputi kemampuan berfikir, cara kerja, karakter dan kepemimpinan kemudian dicocokkan dengan persyaratan psikologis untuk jabatan pimpinan (Calon Wakil Ketua) Pengadilan Agama kelas IA.

Tahapan selanjutnya, peserta akan diuji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test). Materi tes meliputi:

  1. Visi, Misi dan kebijakan Mahkamah Agung RI serta pembinaan teknis yudisial;
  2. Kebijakan pembinaan teknis non yudisial;
  3. Tupoksi Ditjen Badilag;
  4. Hukum Keluarga dan perdata sosial;
  5. Buku IV dan pedoman perilaku hakim;
  6. Manajemen pembinaan dan pengembangan SDM;
  7. Hukum acara Peradilan Agama;
  8. Membaca kitab kuning dan hukum ekonomi syari’ah;
  9. Manajemen pengawasan peradilan.

Badilag telah berkali-kali menyeleksi calon pimpinan pengadilan, baik calon ketua, wakil ketua pengadilan tingkat pertama, hakim tinggi maupun pimpinan pengadilan tingkat banding. Hal ini merupakan salah satu syarat untuk mewujudkan court excellent adalah pimpinan pengadilan yang memiliki kualitas, kompetensi  dan integritas yang tinggi. Melalui profile assessment dan uji kepatutan dan kelayakan, diharapkan hasil itu bisa didapatkan, Karena berbeda dengan institusi lain, pimpinan pengadilan merupakan pimpinan yang khas. disamping menguasai dan terampil dalam teknis yuridis, pimpinan pengadilan juga harus memahami administrasi umum.

Akhirnya hanya sebuah do'a yang tulus dari seluruh pegawai PA Wates kepada Allah Swt. Agar Ketua PA Wates (Drs, Nasrul, M.A) dapat dengan mudah menyelesaikan segala soal-soal ujian dari tim PPSDM dan Ditjen Badilag MA RI.

Add comment


Security code
Refresh