logo

Written by Administrator on . Hits: 27

Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu ke 3 Tahun 2020

 

Senin (25/10/20) Pengadilan Agama Wates secara tiba-tiba kedatangan Tim Assesor Eksternal Asesment Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu dari Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI. Tidak seperti tamu pada umumnya yang masuk melalui pintu lobby kedatangan,  tim assesor langsung menuju ke halaman belakang kantor Pengadilan Agama Wates. Tim assesor yang diketuai oleh Lead Assesor Karyarini Fatonah, S.H., M.M.  serta didampingi oleh 3 Pendamping Assesor yakni Muksan, S.Ag., S.H., M.SI. , H. Tri Haryono, S.H. , dan Siti Marfuah, S.H. langsung melakukan inspeksi mendadak terkait sarana dan prasarana, kebersihan, ketertiban dan kenyamanan.

Sesaat setelah melaksanakan inspeksi mendadak pada halaman luar bagian kantor Pengadilan Agama Wates mulai dari pintu gerbang masuk hingga pintu gerbang keluar, dari mulai meja resepsionis hingga meja pelayanan, tim assesor bergerak ke lobby untuk mengisi buku tamu elektronik dan menyerahkan surat tugas kepada resepsionis kantor Pengadilan Agama Wates selanjutnya Tim diterima diruang Wakil Ketua.

Seperti diketahui pada tahun 2020 ini Pengadilan Agama Wates akan dilakukan Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) ke-3 oleh Tim Assesor Eksternal, dimana sebelumya selama dua tahun berturut-turut sejak tahun 2018 dan tahun 2019 Pengadilan Agama Wates telah berhasil mempertahankan akreditasi penjaminan mutu  dengan nilai predikat A Excellent semenjak dilakukan APM pertama kali pada tahun 2017.

Pada surveillance kali ini tim assesor melakukan assesment selama 3 hari mulai tanggal 25  dan 26 Oktober 2020.  Assesment tim meliputi 7 Area APM mulai dari kesiapan sarana dan prasarana hingga telusur dokumen melalui eviden baik hardcopy atau sofcopy serta evaluasi implemetasi APM pada Senin (02/11/20)

presentasi apm 2020

Pada presentasinya Eldi Harponi, S.Ag., M.H. selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Wates pada acara  Evaluasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu di Pengadilan Agama Wates, Senin (2/11/20) menitikberatkan pada capaian-capaian yang sudah dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Wates selama menerapkan Akreditasi Penjaminan Mutu ditahun 2020. Sebagai contoh pada Area I Manajemen Perubahan, beliau menitikberatkan pada capaian pelayanan berbasis 3 S dan 5 R sehingga memberikan  rasa nyaman kepada para pihak.  Selain itu rencana kerja agen perubahan sebagai katalis, penggerak perubahan, pemberi solusi, sebagai mediator dan penghubung juga menjadi fokus presentasi pada evaluiasi kali ini.  Pada area-area berikutnya Eldi Harponi, S.Ag., M.H. menyampaikan perubahan-perubahan sarana prasarana layanan publik seperti layanan PTSP, Inovasi Anti Gratifikasi, layanan charger bagi para pihak, ruang laktasi, ruang pojok sehat, layanan air minum gratis, dimana semua layanan tersebut dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Pada tahun 2020 ini PA.Wates juga sedang melakukan Pembangunan ZI dan sedang dalam tahap penilaian Menpan RB”, ini bukti keseriusan PA.Wates dalam memberikan pelayanan terbaik”. imbuh beliau.

Di akhir presentasinya Wakil Ketua PA.Wates menyampaikan adanya kenaikan hasil Survei Kepuasan Masyarakat pada semester I tahun 2020 ini, dimana pada tahun 2019 mendapat nilai 3,26 dan menjadi 3,38 pada semester I tahun 2020. Ini menunjukan adanya perubahan yang signifikan terhadap pelayanan kepada masyarakat di Pengadilan Agama Wates, sehingga masyarakat memberikan apresiasi dalam bentuk hasil survei yang lebih meningkat.

Setelah Wakil Ketua menyampaikan presentasinya, Tim Assesment Eksternal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI melalui Lead Assesor Karyarini Fatonah, S.H., M.M.  menyampaikan beberapa temuan selama dua hari tim melakukan observasi implementasi APM di PA.Wates. Dari beberapa temuan tersebut diantaranya  terkait konsistensi pelayanan publik berupa kerapihan dan kebersihan yang perlu ditingkatkan, perbaikan kecil pada risk register  dan sasaran mutu. Pada kesempatan tersebut Lead Assesor menyampaikan bahwa hasil observasi tersebut akan diserahkan dalam bentuk Kontrak Kinerja Permintaan Perbaikan Hasil Observasi impelementasi APM  yang harus segera ditindaklanjuti.

fotbar apm 2020

Diakhir acara, dilakukan penandatanganan dokumen kontrak kinerja permintaaan perbaikan hasil observasi implementasi APM oleh Wakil Ketua, Ketua APM, Lead Assesor Internal, Ketua Tim Survei Kepuasan Masyarakat, serta Pengendali Dokumen dari PA.Wates dan oleh seluruh Tim Assesment Eksternal Badilag. Sebagai sambutan penutup Eldi Harponi, S.Ag., M.H. menyampaikan harapan semoga di tahun 2020 ini PA.Wates bisa mempertahankan predikat APM A Excellent seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Add comment


Security code
Refresh