logo

Written by Administrator on . Hits: 44

Pelaksanaan Desk Evaluasi Zona Integritas pada PA.Wates oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

Jumat (13/11/20) Pukul 09.30 WIB bertempat di PA.Wates, Eldi Harponi, S.Ag., M.H. selaku Wakil Ketua PA.Wates disertai 6 Koordinator Area pembangunan Zona Integritas,  Hakim, Panitera, Sekretaris, dan Agen Perubahan mengikuti Desk Evaluation oleh Tim Penilai Nasional Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Pada kesempatan tersebut Eldi Harponi, S.Ag., M.H. memaparkan presentasi Pembangunan Zona Integritas di PA.Wates secara meyakinkan dalam waktu 20 menit tepat. Dimulai dengan memaparkan profil organisasi, visi dan misi, hingga perubahan-perubahan dan inovasi yang terjadi (before-after) selama melaksanakan Pembangunan Zona Integritas di PA.Wates.

presentsi zi menpanrb

Dalam pemaparannya Wakil Ketua PA.Wates, menyampaikan bahwa setelah Pencanangan Zona Integritas pada tanggal 20 Desember 2018, PA.Wates berkomitmen untuk melakukan Pembangunan Zona Integritas dengan semaksimal mungkin. Ini terbukti dari naiknya nilai Indeks Persepsi Anti Korupsi PA.Wates yang pada tahun 2019 sebesar 3.96 menjadi 3.99 pada semester I tahun 2020 ini. Kenaikan nilai juga terjadi dalam kurun waktu 3 tahun ini pada Indeks Kepuasan Masyarakat, dimana tahun 2018 sebesar 3.17, tahun 2019 sebesar 3.26 dan pada tahun 2020 ini naik menjadi 3.38.

Sebelum memaparkan lebih jauh komponen pengungkit  dari 6 area perubahan, yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Eldi Harponi, S.Ag., M.H. terlebih dahulu memaparkan Identifikasi Resiko sebelum melaksanakan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi. β€œIni penting, karena akan menjadi acuan dalam melaksanakan pembangunan ZI yang tertuang dalam 6 area perubahan tersebut” ujar beliau.

Setelah kurang lebih 20 menit melakukan pemaparan presentasi capaian Pembangunan Zona Integritas, beserta inovasi-inovasi yang sudah dilaksanakan di PA.Wates, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dihadapan evaluator Kemenpan RB yang di wakili oleh Agus Uji Hantara.  Pertanyaan yang diajukan evaluator diantaranya, seberapa besar komitmen pimpinan dalam melaksanakan Pembangunan ZI di PA.Wates, bagaimana fungsi dan mitigasi pengawasan. Selain itu evaluator menanyakan proses dalam survei kepuasan masyarakat, dilakukan survei kepada siapa, dilakukan manual atau online, dan dilakukan survei berapa kali dalam pelaksanaannya.

Diakhir sesi, evaluator memberikan apresiasi positif terhadap seluruh jajaran di PA.Wates karena telah melaksanakan Pembangunan Zona Integritas secara maksimal, sehingga dicapai perubahan-perubahan yang menuju ke arah perbaikan, diantaranya pelayanan-pelayanan yang sudah berbasis Teknologi Informasi sehingga memberikan kecepatan dan ketepatan data dalam memberikan pelayanan.

Dalam kesempatan yang sama Agus Uji Hantara menyampaikan, bahwa Pembangunan Zona Integritas ini bukan akhir, tapi sebuah awal sehingga perlunya komitmen dari seluruh elemen di PA.Wates untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua pihak. Beliau juga mengingatkan akan adanya mystery shopper, yang akan datang ke PA.Wates. β€œKedatangan mystery shopper bukan buat menguji, tapi untuk mencocokan apa yang sudah dipaparkan dalam presentasi kali ini”, imbuh beliau.

Diakhir acara Eldi Harponi, S.Ag., M.H. menyampaikan kesimpulan bahwa PA.Wates sudah melaksanakan Pembangunan Zona Integritas, sehingga terwujud :

  • Birokrasi yang bersih, akuntabel, berkinerja tinggi,
  • Birokrasi yang efektif dan efisien; dan
  • Pelayanan publik yang baik dan berkualitas.

 

fotobersama zi menpanrb

Pegawai PA.Wates mengikuti acara foto bersama setelah acara pelaksanaan Desk Evaluation oleh Kemenpan RB

Add comment


Security code
Refresh