logo

Written by Administrator on . Hits: 31

mou disdukcapil

Ketua Pengadilan Agama Wates Yuniati Faizah, S.Ag., S.H., M.SI, menerima rombongan tamu dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kulon Progo di ruang rapat Pengadilan Agama Wates Kamis (18/02/2021). Kedatangan rombongan dari Dinas Dukcapil Kabupaten Kulon Progo tersebut merupakan kunjungan balasan dan  tindak lanjut hasil pertemuan sebelumnya antara Pengadilan Agama Wates dan Dinas Dukcapil pada beberapa waktu yang lalu.

Ir. Aspiyah, M.SI selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil hadir bersama Dra. RR. Arifiati Nugrahani selaku Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Taryono, S.S., M.Eng selaku Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Margiyanti, S.H. selaku Kepala Seksi Kerjasama  dan Inovasl Pelayanan. Dalam sambutannya, Ir. Aspiyah, M.SI menyampaikan Dinas Dukcapil sangat menyambut baik kerjasama ini dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat. “Pesatnya pertumbuhan penduduk di Kabupaten Kulon Progo, ternyata membawa dampak permasalahan tersendiri. Mulai dari meningkatnya permasalahan kependudukan, seperti peningkatan pengangguran, ekonomi dan sosial budaya. Demikian pula permasalahan kependudukan dibidang perkawinan dan meningkatnya angka perceraian, identitas anak dan perwalian. Dari permasalahan perceraian itu Pengadilan Agama Wates mencoba menjalin kerjasama dengan Dinas Dukcapil, agar setelah terbitnya Akta Cerai maka data status perkawinan di KTP elektronik dan KK segera terupdate”, ini suatu pemikiran yang sangat maju dan kita sangat menyambut baik gagasan tersebut papar Ir. Aspiyah, M.SI.

Yuniati Faizah, S.Ag., S.H., M.SI, selaku Ketua Pengadilan Agama Wates sangat mengapresisasi terjalinnya kerjasama ini. “Ïnovasi ini dalam rangka peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat Kulon Progo, karena selain mengambil Akta Cerai di pengadilan para pihakpun segera menerima perubahan KTP elektronik dan KK-nya pada saat yang sama. Sehingga mempermudah masyarakat karena tidak perlu lagi ke Dukcapil untuk melakukan perubahan data status perkawinannya.  Terima kasih sekali kepada disdukcapil yang merespon kerjasama ini” imbuh bu Yuni.

Setelah acara ramah tamah diruang rapat, acara dilanjutkan dengan penerbitan perdana KTP elektronik dan Kartu Keluarga sesaat setelah penerbitan akta cerai. Penyerahan AC dilakukan langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Wates kepada pihak berperkara dilanjutkan penerbitan KTP elektronik dan KK diserahkan secara simbolik oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Ir Aspiyah, M.Si kepada Ketua Pengadilan Agama Wates  Yuniati Faizah, S.Ag., S.H., M.SI untuk kemudian diserahkan kepada pihak berperkara.

mou dukcapil ac

mou dukcapil ktp kk

mou dukcapil mobil

Di tengah pandemic Covid-19 Pengadilan Agama Wates telah melakukan inovasi layanan, dimana saat produk Akta Cerai dibuat, langsung pembaharuan data kependudukan para pihak berupa KTP elektronik baru dan Kartu Keluarga baru langsung diproses oleh Disdukcapil Kabupaten Kulon Progo di Kantor Pengadilan Agama Wates. Sesaat kemudian langsung diserahkan kepada para pihak berperkara bersamaan dengan  Akta Cerai, sehingga para pihak langsung menerima pembaruan KTP elektronik dan Kartu Keluarganya. Inovasi ini memberikan kemudahan kepada masyarakat Kulon Progo, dan ini sangat membantu para pihak, dengan pelayanan dan perlindungan hukum yang lebih baik, mudah, efisien dan akses yang lebih cepat. Diharapkan dengan inovasi ini dapat memberikan layanan prima kepada masyarakat Kabupaten Kulon Progo dengan harapan Pengadilan Agama Wates dapat meraih predikat WBK pada tahun 2021 ini.

Add comment