Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)
KETERANGAN |
DOKUMEN |
||||
A. |
PROSES |
||||
|
I. |
MANAJEMEN PERUBAHAN |
|||
|
|
1. |
Tim Kerja |
||
|
|
|
a. |
Pembentukan tim untuk melakukan pembangunan ZI |
|
|
|
|
b. |
Penentuan anggota tim ZI selain pimpinan dipilih melaluai prosedur/ mekanisme yang jelas |
|
|
|
2. |
Dokumen Rencana Pembangunan ZI |
||
|
|
|
a. |
Dokumen rencana kerja pembangunan ZI menuju WBK/WBBM |
|
|
|
|
b. |
Target prioritas rencana aksi ZI |
|
|
|
|
c. |
Mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM |
|
|
|
3. |
Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM |
||
|
|
|
a. |
Kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana |
|
|
|
|
b. |
Monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas |
|
|
|
|
c. |
Laporan tindaklanjut monev |
|
|
|
4. |
Perubahan Pola Pikir dan Buadaya Kerja |
||
|
|
|
a. |
Pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM |
|
|
|
|
b. |
Penetapan agen perubahan |
|
|
|
|
c. |
Budaya kerja dan pola pikir telah dibangun di lingkungan organisasi |
|
|
|
|
d. |
Keterlibatan anggota organisasi dalam pembangunan ZI |
|
|
II. |
PENATAAN TATALAKSANA |
|||
|
|
1. |
Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama |
||
|
|
|
a. |
SOP yang mengacu pada peta proses bisnis instansi |
|
|
|
|
b. |
Penerapan Prosedur Operasional |
|
|
|
|
c. |
Evaluasi Prosedur Operasional (SOP) |
|
|
|
2. |
E-Office |
||
|
|
|
a. |
Teknologi Informasi Pada Pengukuran Kinerja |
|
|
|
|
b. |
Teknologi Informasi Pada Operasionalisasi Manajemen SDM |
|
|
|
|
c. |
Teknologi Informasi Pada Pelayanan Publik |
|
|
|
|
d. |
Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Teknologi Informasi |
|
|
|
3. |
Keterbukaan Informasi Publik |
||
|
|
|
a. |
Kebijakan keterbukaan informasi publik |
|
|
|
|
b. |
Monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik |
|
|
III. |
PENATAAN SISTEM MANAJAEMEN SDM |
|||
|
|
1. |
Perencanaan Kebutuhan Peagawai Sesuai Dengan Kebutuhan Organisasi |
||
|
|
|
a. |
Kebutuhan Pegawai Mengacu pada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja |
|
|
|
|
b. |
Penempatan pegawai hasil rekrutmen mengacu kepada kebutuhan pegawai |
|
|
|
|
c. |
Monitoring dan Evaluasi terhadap pegawai atau honorer |
|
|
|
2. |
Pola Mutasi Internal |
||
|
|
|
a. |
Mutasi Pegawai antar Jabatan |
|
|
|
|
b. |
Mutasi pegawai antar jabatan sesuai kompetensi jabatan dan pola mutasi yang telah ditetapkan |
|
|
|
|
c. |
Monev Mutasi |
|
|
|
3. |
Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi |
||
|
|
|
a. |
Need Training Analisys |
|
|
|
|
b. |
Penyusunan rencana pengembangan kompetensi pegawai mempertimbangkan kinerja |
|
|
|
|
c. |
Persentase kesenjangan kompetensi pegawai dengan standar kompetensi |
|
|
|
|
d. |
Kesempatan dan Hak mengikuti Diklat dan pengembangan kompetensi |
|
|
|
|
e. |
Keterangan Mengikuti Pelatihan |
|
|
|
|
f. |
Evaluasi Diklat |
|
|
|
4. |
Penetapan Kinerja Individu |
||
|
|
|
a. |
Penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi |
|
|
|
|
b. |
SKP Berjenjang sampai level di atasnya |
|
|
|
|
c. |
Pengukuran kinerja individu secara periodik |
|
|
|
|
d. |
Hasil penilaian kinerja individu sebagai dasar pemberian reward |
|
|
|
5. |
Penegakan Aturan Disiplin/ Kode Etik/ Kode Perilaku Pegawai |
||
|
|
|
a. |
Penegakan Aturan Disiplin |
|
|
|
6. |
Sistem Informasi Kepegawaian |
||
|
|
|
a. |
Sistem Informasi Kepegawaian yang dimutahirkan secara berkala |
|
|
IV. |
PENGUATAN AKUNTABILITAS |
|||
|
|
1. |
Keterlibatan Pimpinan |
||
|
|
|
a. |
Pimpinan terlibat langsung pada saat penyusunan perencanaan |
|
|
|
|
b. |
Pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan penetapan kinerja |
|
c. | Pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala | Download | |||
|
2 |
Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja |
|||
|
|
|
a. |
Dokumen Perencanaan |
|
|
|
|
b. |
Dokumen perncanaan telah berorientasi hasil |
|
|
|
|
c. |
Indikator kinerja utama (IKU) |
|
|
|
|
d. |
Indikator kinerja utama telah SMART |
|
|
|
|
e. |
Laporan kinerja telah disusun tepat waktu |
|
|
|
|
f. |
Pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja |
|
|
|
|
g. |
Terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja |
|
|
|
|
h. |
Pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh SDM yang kompeten |
|
|
V. |
PENGUATAN PENGAWASAN |
|||
|
|
1. |
Pengendalian Gratifikasi |
||
|
|
|
a. |
Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi |
|
|
|
|
b. |
Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan |
|
|
|
2. |
Penerapan SPIP |
||
|
|
|
a. |
Telah dibangun lingkungan pengendalian |
|
|
|
|
b. |
Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan |
|
|
|
|
c. |
Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi |
|
|
|
|
d. |
SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait |
|
|
|
3. |
Pengaduan Masyarakat |
||
|
|
|
a. |
Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan |
|
|
|
|
b. |
Hasil penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti |
|
|
|
|
c. |
Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat |
|
|
|
|
d. |
Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti |
|
|
|
4. |
Whistle blowing system |
||
|
|
|
a. |
Whistle Blowing System sudah di internalisasi |
|
|
|
|
b. |
Whistle Blowing System telah diterapkan |
|
|
|
|
c. |
Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System |
|
|
|
|
d. |
Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti |
|
|
|
5. |
Penanganan Benturan Kepentingan |
||
|
|
|
a. |
Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama |
|
|
|
|
b. |
Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi |
|
|
|
|
c. |
Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan |
|
|
|
|
d. |
Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan |
|
|
|
|
e. |
Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti |
|
|
|
6. |
Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pegawai |
||
|
|
|
a. |
Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) |
|
|
|
|
b. |
Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) |
|
|
VI. |
PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK |
|||
|
|
1. |
Standar Pelayanan |
||
|
|
|
a. |
Terdapat kebijakan standar pelayanan |
|
|
|
|
b. |
Standar pelayanan telah dimaklumatkan |
|
|
|
|
c. |
Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan |
|
|
|
|
d. |
Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP |
|
|
|
2. |
Budaya Pelayanan Prima |
||
|
|
|
a. |
Telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima |
|
|
|
|
b. |
Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media |
|
|
|
|
c. |
Telah terdapat sistem punishment/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar |
|
|
|
|
d. |
Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi |
|
|
|
|
e. |
Terdapat inovasi pelayanan |
|
|
|
3. |
Penilaian Kepuasan Terhadap Pelayanan |
||
|
|
|
a. |
Dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan |
|
|
|
|
b. |
Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka |
|
|
|
|
c. |
Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat |
|
B. |
HASIL |
||||
|
1. |
PEMERINTAH YANG BERSIH DAN BEBAS KKN |
|||
|
|
a. |
Nilai Survey Persepsi Korupsi (Survei Eksternal) |
||
|
|
b. |
Persentase temuan hasil pemeriksaan (Internal dan eksternal) yang ditindaklanjuti |
||
|
2. |
KUALITAS PELAYANAN PUBLIK |
|||
|
|
a. |
Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan (Survei Eksternal) |