logo

KUNJUNGI PENGADILAN DI WATES, KETUA MA MENGAJAK SELURUH APARATUR UNTUK BEKERJA DENGAN IKHLAS

KUNJUNGI PENGADILAN DI WATES, KETUA MA MENGAJAK SELURUH APARATUR UNTUK BEKERJA DENGAN IKHLAS

Di sela-sela kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah, Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. menyempatkan diri berkunjung ke Pengadilan Negeri Wates dan Pengadilan AgamaWates pada Sabtu, 11 September 2021.

“Saya mohon maaf yang sebesar-sebarnya kepada seluruh aparatur yang ada di sini, karena kehadiran saya, kalian semua harus masuk kantor di hari Sabtu,” kata Prof.  Syarifuddin kepada seluruh hadirin.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Pengadilan Negeri Wates Fery Haryanta, S.H., dan Ketua Pengadilan Agama Wates Dr. Yuniati Faizah, mengatakan bahwa seluruh warga pengadilan sangat senang dan bergembira dengan kunjungan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung ke tempat mereka. 

<a href=

Pada kunjungan ini, Ketua Mahkamah Agung melihat secara langsung kondisi pengadilan dan berbincang dengan Ketua Pengadilan serta seluruh aparatur yang hadir. Guru Besar Universitas Diponegoro itu meninjau ruang sidang, ruang kerja,ruang arsip, fasilitas untuk disabilitas, hingga ke kamar kecil.

“Saya mengapresiasi Pengadilan Negeri Wates, karena telah meraih WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) dari KemenPAN RB, semoga ini bisa menjadi inspirasi dan semangat bagi yang lain,” ujar Ketua MA. Ia menambahkan bahwa semangat untuk berinovasi harus terus ditingkatkan, dan semangat bekerja harus terus dihidupkan, bekerja dengan ikhlas, bukan semata mengejar insentif.

Kunjungan kerja ke Wates ini, Ketua Mahkamh Agung didampingi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, H. Suripto,S.H., M.H., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H., dan Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung, Dr. H. Sobandi, S.H., M.H. (azh/Editor: Dr. H. Sobandi, S.H., M.H)

 

Sumber berita : https://www.mahkamahagung.go.id/id/berita/4808/kunjungi-pengadilan-di-wates-ketua-ma-mengajak-seluruh-aparatur-untuk-bekerja-dengan-ikhlas

Analis Kepegawaian Pertama PA. Wates Ikuti Sertifikasi Kompetensi Teknis Manajemen ASN Angkatan 11 Mahkamah Agung RI, 9 ASN Lainnya Ikuti Studi Lanjut

sertifikasi teknis asn ke 11

Wates (06/09/2021) bertempat di ruang Perpustakaan Pengadilan Agama Wates, Analis Kepegawaian Pertama Ahmad Rifqi, S.H.I. mengikuti Sertifikasi Kompetensi Teknis Manajemen ASN  Angkatan 11 yang diadakan oleh Pusat Pengembangan Kepegawaian Aparatur Sipil Negara, Badan Kepegawaian Negara bekerja sama dengan Pusdiklat Manpim Mahkamah Agung RI.

Berdasarkan Surat Undangan Nomor: 679/Pem.A/TU/PusbangpegASN/VIII/2021 tanggal 25 Agustus 2021 perihal Undangan Pemanggilan Peserta Sertifikasi Kompetensi Teknis Manajemen ASN Mahkamah Agung Angkatan 11 Tahun 2021 kegiatan ini diikuti oleh 32  peserta yang terdiri dari para Analis Kepegawaian di pengadilan dibawah Mahkamah Agung RI.

Pelatihan diawali dengan pembelajaran secara mandiri (asynchronous), dimulai tangal 03 s/d 07 September 2021 dan dilanjutkan dengan pembelajaran interaktif dengan fasilitator (synchronous) melalui video conference pada tanggal 08 s/d 10 September 2021.

Tujuan mengikuti kegiatan Sertifikasi Kompetensi Teknis Manajemen ASN ini adalah untuk mewujudkan profesionalitas dan akuntabilitas pengelolaan ASN. Sehingga pelaksanaan tugas pengelolaan kepegawaian dan penyelenggaraan manajemen ASN di PA. Wates khususnya dapat dilakukan secara profesional, efektif dan efisien.

 

Tingkatkan Kompetensi SDM,  9 ASN PA. Wates ikuti Studi Lanjut

Ditemui di tempat terpisah, Kasub.Bag. Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Pengadilan Agama Wates, Fuad Tansyauddin,S.E. menyampaikan bahwa dalam rangka peningkatan kompetensi dan profesionalisme SDM selama tahun 2021 tercatat ada 9 pegawai ASN PA. Wates yang mengajukan ijin belajar untuk studi lanjut, dengan rincian Program Doktoral (S-3) 1 orang, Pasca Sarjana (S-2) 5 orang dan program S1 Hukum sebanyak 2 orang.

PA. Wates Raih Peringkat I Pelaksanaan Anggaran Semester I T.A. 2021 Kategori Pagu Anggaran Dibawah 20 Milyar

piagam penghargaan juara 1 anggaran

Jumat (27/08/2021) pukul 08.30 s/d 09.30 WIB,  Sekretaris selaku Kuasa Pengguna Anggaran  Pengadilan Agama Wates, Agung Ridwan Sani, S.H., M.H. disertai Kasub. Bag. Umum dan Keuangan Nur Asiyah, S.E, serta Bendahara Pengeluaran Ahmad Rifki, SHI, menghadiri undangan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Wates, dalam rangka Edukasi Pelayanan KPPN dan Penyerahan Penghargaan Satker Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik Semester I Tahun 2021 bertempat di RM. “Ayam Bebek Berontak”, Janturan, Tawangsari, Pengasih Kulon Progo.

Sesuai undangan dari KPPN Wates No : Und-96/WPB.15//KP.03/2021 tanggal 26 Agustus 2021, Pengadilan Agama Wates beserta 5 satker lainnya diundang untuk menerima Piagam Penghargaan Satker Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik Semester I Tahun 2021. Piagam penghargaan ini diberikan kepada satuan kerja yang berhasil melaksanakan penyerapan anggaran secara maksimal. Selain itu juga ketepatan pelaporan juga menjadi salah satu aspek penilaian dalam pemberian penghargaan tersebut.

Kementerian keuangan melalui KPPN secara ketat melakukan monitoring pelaksanaan anggaran satker agar tepat sasaran, efektif, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan. Berbagai aplikasi pendukung telah banyak diluncurkan menyesuaikan dengan regulasi dari pemerintah untuk menunjang pelaksanaan anggaran tersebut. Mulai dari SAIBA, SAS, SIMAK-BMN, OM-SPAN, SAKTI, Satu DJA dll. Selain itu kementerian keuangan juga berkomitmen memberikan reward bagi satker-satker yang dianggap berhasil melaksanakanan anggaran sebagai salah satu bentuk penghargaan atas kinerja stake holder KPPN.

piagam eringkat I anggaran smt 1 2021

Pada Semester I Tahun 2021 ini Pengadilan Agama Wates dengan kode anggaran 401220 berhasil meraih Peringkat Pertama Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) dengan nilai 99,99% pada kategori pagu anggaran dibawah 20 Milyar. Piagam penghargaan diterima langsung oleh KPA Pengadlan Agama  Wates Agung Ridwan Sani, S.H., M.H.

Sesuai informasi dari Kasub.Bag.Umum dan Keuangan PA. Wates, Nur Asiyah, S.E., kode anggaran 401220 sampai dengan semester I tahun 2021 telah terserap sebesar 55,25%, dengan rincian anggaran Pembebasan Biaya Perkara sebesar 99,82% dan anggaran Pos Layanan Bantuan Hukum sebesar 42,19%. Selamat !

Video penghargaan bisa dilihat pada channel Youtube PAWT Tv berikut : Video Penghargaan

PA. Wates Masuk Peringkat 10 Besar Anugerah Mahkamah Agung pada 2 Kategori dalam Rangkaian HUT Mahkamah Agung RI Ke-76

upacara HUT ma

Kamis (19/08/21) Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris, Pejabat Fungsional dan Pejabat Struktural serta seluruh pegawai Pengadilan Agama Wates mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia Ke-76 yang diselenggarakan secara virtual. Bertindak sebagai pembina upacara YM. Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. M Syarifuddin,SH., MH. bertempat di Gedung Mahkamah Agung RI.

Masih dalam kondisi Pandemi Covid–19, peringatan HUT Mahkamah Agung RI yang ke–76 dilaksanakan secara sederhana dan hanya dilaksanakan di tingkat pusat yaitu di Mahkamah Agung RI di Jakarta, hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. Tema HUT Mahkamah Agung RI ke–76 kali ini yakni “Memantapkan Kemandirian Badan Peradilan Melalui Pelayanan Hukum Berbasis Teknologi Informasi Pada Masa Pandemi”. Upacara yang diselengarakan secara virtual ini di ikuti oleh seluruh Pengadilan dari empat Peradilan yang berada dibawah naungan Mahkamah Agung RI.

Ketua Mahkamah Agung RI  YM. Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. dalam sambutannya menyampaikan duka yang mendalam atas banyaknya warga peradilan yang meninggal karena Covid-19. Beliau mengajak semua warga peradilan, baik di pusat maupun di daerah untuk mendoakan semoga mereka mendapat tempat yang baik di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

“Saya berduka cita yang mendalam atas banyaknya warga peradilan yang meninggal karena Covid-19. Semoga mereka mendapat tempat yang baik di sisi Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa,”.  Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk mematuhi prokol kesehatan dengan cara 5-M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumuman dan mengurangi mobilitas. “Saya minta untuk mematuhi prokes dengan 5-M, semoga kita sehat semuanya,” demikian pesan beliau.

Selain itu dalam sambutannya, KMA juga mengajak warga peradilan untuk menerapkan teknologi informasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, baik secara administrasi maupun dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan. Disebutkannya, Mahkamah Agung telah menerbitkan berbagai regulasi yang memungkinkan persidangan dilaksanakan secara elektronik. “Laksanakanlah persidangan secara elektronik untuk menghindari penyebaran Covid-19, semoga kita sehat dan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baik-nya,

Selepas upacara, dilaksanakan pengumuman peraih Anugerah Mahkamah Agung 2021 yang disampaikan oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI Dr. Hasbi Hasan, SH., MH., Alhamdulilah berdasarkan surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 161/KMA/SK/VIII/2021 Pengadilan Agama Wates masuk peringkat 10 besar pada 2 kategori yakni, :

  • Urutan IX Pengadilan Agama Terbaik dalam Pelaksanaan Mediasi pada kategori Pengadilan Agama Kelas IB pada Peradilan Agama
  • Urutan IX Pengadilan Agama Terbaik dalam Pelaksanaan Gugatan Sederhana kategori Pengadilan Agama Kelas IB pada Peradilan Agama.

ma award mediasiMA award GS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

presentasi zi agustus 21

Kamis (12/08/21) pukul 15.00 s/d 15.30 WIB Ketua Pengadilan Agama Wates, Dr. Yuniati Faizah, S.Ag., S.H., M.SI melakukan presentasi dihadapan Tim Pendampingan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Ditjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI.

Kegiatan presentasi ini merupakan tindaklanjut surat Ditjen Badilag Nomor : 2318/OT.01.1/8/2021 tanggal 02 Agustus 2021 perihal Hasil Evaluasi Pembangunan Zona Integritas oleh Tim Penilai Internal Mahkamah Agung RI (Usul Ke Kementerian PANRB), dimana PA. Wates masuk sebagai salah satu satker yang masuk dalam penilaian tersebut.

Dalam rangka Pendampingan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM, Ditjen Badilag Mahkamah Agung RI memandang perlu untuk melakukan pendampingan terhadap satker-satker yang diusulkan ke Kementerian PANRB tersebut dengan melakukan penilaian internal melalui evaluasi terhadap presentasi pembangunan ZI yang disampaikan para ketua pengadilan tersebut.

Mengambil tempat diruang media center PA.Wates, Dr. Yuniati Faizah, S.Ag., S.H., M.SI. didampingi Wakil Ketua Laila Nofera Bakar, S.Ag., M.Ag. dan para koordinator area dari area I s/d area VI melakukan presentasi secara meyakinkan di depan tim evaluator. Bahkan beberapa evaluator memberikan komentar positif atas presentasi tersebut. Direktur Pembinan Administrasi Peradilan Agama, Ditjen Badilag MARI Dr. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H. sebagai salah satu evaluator memberikan masukan positif kepada Ketua PA.Wates agar memberikan penekanan pada inovasi unggulan pada saat melakukan presentasi, agar inovasi tersebut dapat diketahui oleh Kementerian PANRB pada desk evaluation saatnya nanti. Selain itu harus ditonjolkan pula substansi masing-masing area, misal pada area I peran role model harus dijelaskan secara rinci peran dan tugasnya dalam pembangunan ZI.

Selain itu, tim evaluator juga menyoroti hal-hal teknis seperti posisi saat melakukan presentasi, penataan tempat dan hal teknis lainnya. (na)