logo

sosialisasi anggaran 2021

Senin (18/01/21) bertempat diruang media center Pengadilan Agama Wates dilaksanakan rapat sosialisasi dan pembahasan anggaran DIPA 01 dan DIPA 04 Tahun Anggaran 2021 yang dihadiri oleh pimpinan, hakim, pejabat struktural dan pejabat fungsional dan pegawai Pengadilan Agama Wates. Kegiatan ini merupakan agenda yang tertunda dari jadwal yang seharusnya dilaksanakan pada minggu pertama tahun 2021. Mengawali rapat pembukaan Eldi Harponi, S.Ag., M.H. selaku wakil ketua Pengadilan Agama Wates menyampaikan bahwa sosialisasi dan pembahasan anggaran ini merupakan bentuk transparansi dan dilakukan pembahasan anggaran agar pelaksanaan anggaran dapat tepat sasaran.

Pada acara selanjutnya Agung Ridwan Sani, S.H., M.H. selaku Sekretaris dan Kuasa Pengguna Anggaran Pengadilan Agama Wates memaparkan kondisi DIPA 01 dimana pada T.A. 2021  Pengadilan Agama Wates menerima DIPA dari Badan Urusan Administrasi sebesar Rp. 4.524.184.000 (empat milyar lima ratus dua puluh empat juta seratus delapan puluh empat ribu rupiah) dan DIPA 04 dari Dirjen Badan Peradilan Agama sebesar Rp. 49.650.000 (empat puluh sembilan juta enam ratus lima puluh ribu rupiah).  Pada T.A. 2021 ini pada DIPA 01 Pengadilan Agama Wates mendapat belanja modal sebesar Rp. 432.500.000 (empat ratus tiga puluh dua juta lima ratus ribu rupiah) pada akun 53 berupa Pengadaan PC Kepaniteraan dan Belanja Penambahan Nilai Gedung/Bangunan berupa renovasi pagar dan ruang PTSP. Sedangkan pada DIPA 04 pada TA.2021 ini ada kenaikan pada belanja pembebasan biaya perkara menjadi Rp. 11.250.000 (sebelas juta dua ratus lima puluh ribu rupiah) dari 8.750.000 (delapan juta  tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) yang diterima pada T.A. 2020 yang lalu, demikian imbuh Agung Ridwan Sani, S.H., M.H.. 

Eldi Harponi, S.Ag.,M.H. pada pembahasan anggaran menyampaikan bahwa ada 2 (dua) prioritas belaja modal yang harus segera dilaksakan agar penyerapan anggaran dapat segera terealisasi pada awal semester awal T.A. 2021, pinta beliau. Acara dilanjutkan dengan mendengar masukan dan tanggapan dari peserta rapat.

Pengadilan Agama Wates kembali Raih Predikat A Excellent APM Peradilan Agama Tahun 2020 

hasil apm 2020

 

Di penghujung tahun 2020 yang segera berakhir ini, Pengadilan Agama Wates kembali menorehkan prestasi. Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI nomor 3951/DjA/HM-00/11/2020 tanggal 27 Nopember 2020 tentang Penetapan Hasil Assessment Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Agama Tahun 2020 yang berisi lampiran daftar lampiran nama satuan kerja yang berhasil memperoleh dan mempertahankan nilai akreditasi A Excelent, yang salah satunya tercantum nama Pengadilan Agama Wates.

Keberhasilan ini merupakan capaian yang keempat  bagi Pengadilan Agama Wates, setelah pada tahun 2017 (SAPM), 2018, 2019 dan 2020 memperoleh nilai A Excellent, nilai yang merupakan capaian tertinggi pada penilaian APM di lingkungan badan peradilan agama tersebut. Dalam pesan tertulisnya Direktur Pembinaan Adminstrasi Peradilan Agama Dr. Dra. Nur Jannah Syaf, S.H., M.H. selaku Ketua Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan menyampaikan beberapa poin sebagai berikut :

1.  Terus meningkatkan kualitas pelaksanaan APM, sebagai salah satu cara mewujudkan pengadilan yang agung dan excellence

2. Tetap melaksanakan survei kepuasan pengguna pengadilan/survei kepuasan masyarakat secara berkala dan menindaklanjutinya guna meingkatkan layanan sesuai kebutuhan pengguna pengadilan

3. Terus melakukan berbagai inovasi dalam upaya meningkatkan pelayanan, memperkuat integritas aparatur pengadilan dan upaya meningkatkan kinerja pengadilan

 Prestasi ini tentu saja memberi kebahagian bagi seluruh aparatur  di Pengadilan Agama Wates, karena kerja keras, dedikasi dan pelayanan yang diberikan dengan setulus hati kepada masyarakat mendapat apresiasi positif Dirjen Badilag, dengan harapan pelayanan kepada semua pihak ke depan akan semakin baik dan meningkat lagi.

 

 

Pelaksanaan Desk Evaluasi Zona Integritas pada PA.Wates oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

Jumat (13/11/20) Pukul 09.30 WIB bertempat di PA.Wates, Eldi Harponi, S.Ag., M.H. selaku Wakil Ketua PA.Wates disertai 6 Koordinator Area pembangunan Zona Integritas,  Hakim, Panitera, Sekretaris, dan Agen Perubahan mengikuti Desk Evaluation oleh Tim Penilai Nasional Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Pada kesempatan tersebut Eldi Harponi, S.Ag., M.H. memaparkan presentasi Pembangunan Zona Integritas di PA.Wates secara meyakinkan dalam waktu 20 menit tepat. Dimulai dengan memaparkan profil organisasi, visi dan misi, hingga perubahan-perubahan dan inovasi yang terjadi (before-after) selama melaksanakan Pembangunan Zona Integritas di PA.Wates.

presentsi zi menpanrb

Dalam pemaparannya Wakil Ketua PA.Wates, menyampaikan bahwa setelah Pencanangan Zona Integritas pada tanggal 20 Desember 2018, PA.Wates berkomitmen untuk melakukan Pembangunan Zona Integritas dengan semaksimal mungkin. Ini terbukti dari naiknya nilai Indeks Persepsi Anti Korupsi PA.Wates yang pada tahun 2019 sebesar 3.96 menjadi 3.99 pada semester I tahun 2020 ini. Kenaikan nilai juga terjadi dalam kurun waktu 3 tahun ini pada Indeks Kepuasan Masyarakat, dimana tahun 2018 sebesar 3.17, tahun 2019 sebesar 3.26 dan pada tahun 2020 ini naik menjadi 3.38.

Sebelum memaparkan lebih jauh komponen pengungkit  dari 6 area perubahan, yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Eldi Harponi, S.Ag., M.H. terlebih dahulu memaparkan Identifikasi Resiko sebelum melaksanakan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi. “Ini penting, karena akan menjadi acuan dalam melaksanakan pembangunan ZI yang tertuang dalam 6 area perubahan tersebut” ujar beliau.

Setelah kurang lebih 20 menit melakukan pemaparan presentasi capaian Pembangunan Zona Integritas, beserta inovasi-inovasi yang sudah dilaksanakan di PA.Wates, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dihadapan evaluator Kemenpan RB yang di wakili oleh Agus Uji Hantara.  Pertanyaan yang diajukan evaluator diantaranya, seberapa besar komitmen pimpinan dalam melaksanakan Pembangunan ZI di PA.Wates, bagaimana fungsi dan mitigasi pengawasan. Selain itu evaluator menanyakan proses dalam survei kepuasan masyarakat, dilakukan survei kepada siapa, dilakukan manual atau online, dan dilakukan survei berapa kali dalam pelaksanaannya.

Diakhir sesi, evaluator memberikan apresiasi positif terhadap seluruh jajaran di PA.Wates karena telah melaksanakan Pembangunan Zona Integritas secara maksimal, sehingga dicapai perubahan-perubahan yang menuju ke arah perbaikan, diantaranya pelayanan-pelayanan yang sudah berbasis Teknologi Informasi sehingga memberikan kecepatan dan ketepatan data dalam memberikan pelayanan.

Dalam kesempatan yang sama Agus Uji Hantara menyampaikan, bahwa Pembangunan Zona Integritas ini bukan akhir, tapi sebuah awal sehingga perlunya komitmen dari seluruh elemen di PA.Wates untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua pihak. Beliau juga mengingatkan akan adanya mystery shopper, yang akan datang ke PA.Wates. “Kedatangan mystery shopper bukan buat menguji, tapi untuk mencocokan apa yang sudah dipaparkan dalam presentasi kali ini”, imbuh beliau.

Diakhir acara Eldi Harponi, S.Ag., M.H. menyampaikan kesimpulan bahwa PA.Wates sudah melaksanakan Pembangunan Zona Integritas, sehingga terwujud :

  • Birokrasi yang bersih, akuntabel, berkinerja tinggi,
  • Birokrasi yang efektif dan efisien; dan
  • Pelayanan publik yang baik dan berkualitas.

 

fotobersama zi menpanrb

Pegawai PA.Wates mengikuti acara foto bersama setelah acara pelaksanaan Desk Evaluation oleh Kemenpan RB

Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu ke 3 Tahun 2020

 

Senin (25/10/20) Pengadilan Agama Wates secara tiba-tiba kedatangan Tim Assesor Eksternal Asesment Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu dari Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI. Tidak seperti tamu pada umumnya yang masuk melalui pintu lobby kedatangan,  tim assesor langsung menuju ke halaman belakang kantor Pengadilan Agama Wates. Tim assesor yang diketuai oleh Lead Assesor Karyarini Fatonah, S.H., M.M.  serta didampingi oleh 3 Pendamping Assesor yakni Muksan, S.Ag., S.H., M.SI. , H. Tri Haryono, S.H. , dan Siti Marfuah, S.H. langsung melakukan inspeksi mendadak terkait sarana dan prasarana, kebersihan, ketertiban dan kenyamanan.

Sesaat setelah melaksanakan inspeksi mendadak pada halaman luar bagian kantor Pengadilan Agama Wates mulai dari pintu gerbang masuk hingga pintu gerbang keluar, dari mulai meja resepsionis hingga meja pelayanan, tim assesor bergerak ke lobby untuk mengisi buku tamu elektronik dan menyerahkan surat tugas kepada resepsionis kantor Pengadilan Agama Wates selanjutnya Tim diterima diruang Wakil Ketua.

Seperti diketahui pada tahun 2020 ini Pengadilan Agama Wates akan dilakukan Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) ke-3 oleh Tim Assesor Eksternal, dimana sebelumya selama dua tahun berturut-turut sejak tahun 2018 dan tahun 2019 Pengadilan Agama Wates telah berhasil mempertahankan akreditasi penjaminan mutu  dengan nilai predikat A Excellent semenjak dilakukan APM pertama kali pada tahun 2017.

Pada surveillance kali ini tim assesor melakukan assesment selama 3 hari mulai tanggal 25  dan 26 Oktober 2020.  Assesment tim meliputi 7 Area APM mulai dari kesiapan sarana dan prasarana hingga telusur dokumen melalui eviden baik hardcopy atau sofcopy serta evaluasi implemetasi APM pada Senin (02/11/20)

presentasi apm 2020

Pada presentasinya Eldi Harponi, S.Ag., M.H. selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Wates pada acara  Evaluasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu di Pengadilan Agama Wates, Senin (2/11/20) menitikberatkan pada capaian-capaian yang sudah dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Wates selama menerapkan Akreditasi Penjaminan Mutu ditahun 2020. Sebagai contoh pada Area I Manajemen Perubahan, beliau menitikberatkan pada capaian pelayanan berbasis 3 S dan 5 R sehingga memberikan  rasa nyaman kepada para pihak.  Selain itu rencana kerja agen perubahan sebagai katalis, penggerak perubahan, pemberi solusi, sebagai mediator dan penghubung juga menjadi fokus presentasi pada evaluiasi kali ini.  Pada area-area berikutnya Eldi Harponi, S.Ag., M.H. menyampaikan perubahan-perubahan sarana prasarana layanan publik seperti layanan PTSP, Inovasi Anti Gratifikasi, layanan charger bagi para pihak, ruang laktasi, ruang pojok sehat, layanan air minum gratis, dimana semua layanan tersebut dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Pada tahun 2020 ini PA.Wates juga sedang melakukan Pembangunan ZI dan sedang dalam tahap penilaian Menpan RB”, ini bukti keseriusan PA.Wates dalam memberikan pelayanan terbaik”. imbuh beliau.

Di akhir presentasinya Wakil Ketua PA.Wates menyampaikan adanya kenaikan hasil Survei Kepuasan Masyarakat pada semester I tahun 2020 ini, dimana pada tahun 2019 mendapat nilai 3,26 dan menjadi 3,38 pada semester I tahun 2020. Ini menunjukan adanya perubahan yang signifikan terhadap pelayanan kepada masyarakat di Pengadilan Agama Wates, sehingga masyarakat memberikan apresiasi dalam bentuk hasil survei yang lebih meningkat.

Setelah Wakil Ketua menyampaikan presentasinya, Tim Assesment Eksternal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI melalui Lead Assesor Karyarini Fatonah, S.H., M.M.  menyampaikan beberapa temuan selama dua hari tim melakukan observasi implementasi APM di PA.Wates. Dari beberapa temuan tersebut diantaranya  terkait konsistensi pelayanan publik berupa kerapihan dan kebersihan yang perlu ditingkatkan, perbaikan kecil pada risk register  dan sasaran mutu. Pada kesempatan tersebut Lead Assesor menyampaikan bahwa hasil observasi tersebut akan diserahkan dalam bentuk Kontrak Kinerja Permintaan Perbaikan Hasil Observasi impelementasi APM  yang harus segera ditindaklanjuti.

fotbar apm 2020

Diakhir acara, dilakukan penandatanganan dokumen kontrak kinerja permintaaan perbaikan hasil observasi implementasi APM oleh Wakil Ketua, Ketua APM, Lead Assesor Internal, Ketua Tim Survei Kepuasan Masyarakat, serta Pengendali Dokumen dari PA.Wates dan oleh seluruh Tim Assesment Eksternal Badilag. Sebagai sambutan penutup Eldi Harponi, S.Ag., M.H. menyampaikan harapan semoga di tahun 2020 ini PA.Wates bisa mempertahankan predikat APM A Excellent seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Serah Terima Kendaraan Dinas dari PTA. Yogyakarta

serah terima mobilidinas

Kehadiran bandara baru Yogyakarta International Airport di kabupaten Kulon Progo membawa pengaruh dan dampak besar bagi semua sektor di propinsi DI. Yogyakarta, khususnya ekonomi dan pariwisata di kabupaten Kulon Progo.  Lalu lintas kedatangan pejabat negara melalui bandara baru semakin meningkat semenjak diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia. “Mau tidak mau Pengadilan Agama Wates harus siap menerima kedatangan tamu, baik pejabat negara ataupun pejabat intern dari Mahkamah Agung”, demikian Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H. menyampaikan pembinaan pada acara serah terima kendaraan dinas dari PTA. Yogyakarta di Pengadilan Agama Wates, hari Kamis, 01 Oktober 2020.

serah bast terima mobdin

Berita acara serah terima kendaraan dinas dilakukan di aula pengadilan Agama Wates, dihadiri Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H., Sekretaris PTA. Yogyakarta Karyarini Fatonah, S.H., M.M. dan Kasub.Bag. Tata Usaha dan Rumah Tangga PTA. Yogyakarta Nurhidayanto, S.H.,  Wakil Ketua PA. Wates Eldi Harponi, S.Ag., M.H., para hakim, panitera, sekretaris, pejabat struktural dan fungsional serta seluruh pegawai pengadilan agama Wates.

Melanjutkan pembinaan Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H. menyampaikan bahwa PA. Wates harus siap menjadi pengadilan agama percontohan di wilayah hukum PTA. Yogyakarta, karena untuk sementara PA.Wates menunjukan kinerja yang baik dalam penanganan perkaranya. “Penyerahan kendaraan dinas ini merupakan salah satu kelengkapan sarana dan prasarana dalam memberikan pelayanan, karena PA.Wates saat ini menjadi pintu gerbang yang akan membawa nama baik PTA. Yogyakarta ” ujarnya.  “Bagaimana etika dalam menyambut tamu, senyum, sapa dan salam dan tetap selalu menjaga kekompakan dalam memberikan pelayanan” tambah beliau.

Pada kesempatan yang sama, Karyarini Fatonah, S.H., M.M sekretaris PTA. Yogyakarta menyampaikan pesan bahwa dalam periode bulan Oktober ini detik-detik mystery shopper datang ke satker yang diusulkan menjadi satker WBK menuju WBBM. “Kesiapan di meja pelayanan terutama PTSP jangan sampai kosong, selalu terapkan 3 S dan selalu bekerja dengan ikhlas” pesan beliau.

Selain itu untuk kesiapan dokumen APM harap dilakukan update dan melengkapi data terkait LKE tindak lanjut berkelanjutan dan observasi.  Karena kegiatan pekerjaan sehari-hari yang kita lakukan pasti ada resiko, lalu lakukan mitigasi dan dibuat action plan-nya” demikian pesan  beliau.

Diakhir acara penyerahan BAST kendaraan dinas Ketua PTA. Yogyakarta menyampaikan terima kasih karena sudah disambut dengan baik di PA.Wates, beliau berpesan agar kendaraan dinas yang baru diserahkan tersebut dirawat dengan sebaik-baiknya, agar kendaraan bisa digunakan secara optimal.

kunjungan kantor lama

Setelah acara penyerahan kendaraan dinas dikantor PA.Wates, Ketua, Sekretaris dan Kasub.Bag. Tata Usaha dan Rumah Tangga PTA. Yogyakarta berkenan meninjau bekas kantor lama Pengadilan Agama Wates di Jl. Sugiman No. 25, Wates didampingi Wakil Ketua, Panitera,Sekretaris dan Kasub.Bag. Umum dan Keuangan PA.Wates.  Ditempat tersebut KPTA. Yogyakarta berpesan "karena kantor lama PA.Wates ini berada di komplek perkantoran, harap kebersihannya dijaga dan dirawat, selain itu gedung kantor lama ini walaupun dibangun diatas tanah sewa namun gedung ini adalah aset yang yang harus kita jaga. Lebih-lebih sekarang di fungsikan sebagai gedung arsip perkara PA.Wates"  jelas beliau.