logo

launching Siti Djasmine dan MoU

 

Dukungan PA Wates atas inovasi Siti Djasmine dan Penandatanganan MoU Antara PTA Yogyakarta dan Kanwil BPN Prov. DI Yogyakarta

 

Rabu (16/6), Ketua Pengadilan Agama (PA) Wates, Dr. Yuniati Faizah, S.Ag., S.H., M.S.I., beserta jajaran ikut serta dalam acara pembukaan Bimbingan Teknis Kepaniteraan dan Kesekretariatan yang diselenggarakan oleh Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Yogyakarta. Acara ini mengusung tema “Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme ASN Dalam Rangka Membangun SDM Unggul”. Acara yang diselenggarakan di Hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta ini, dibuka oleh Direktur Pembinaan Administrasi Dirjen badilag, Dr. Dra. Hj. Nurjanah Syaf, S.H., M.H.  

Pembukaan badilag

Direktur Pembinaan Administrasi Badilag Dr. Dra. Hj. Nurjanah Syaf, S.H., M.H., saat membuka acara Bimtek

 

Sebagai rangkaian acara, dilangsungkan launching inovasi Siti Djasmine (Sistem Integrasi Teknologi Informasi dalam Jaringan Asisten Monitoring Informasi dan Edukasi) yang dilakukan secara simbolis oleh Ketua PTA Yogyakarta, Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H. Selain itu, pada acara pembukaan ini juga dilakukan penandatanganan MoU Antara PTA Yogyakarta dan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi DI. Yogyakarta. Acara bimtek ini akan berlangsung selama tiga hari mulai 16-18 Juni 2021. (Dw)

 

ketua se DIY

Para Ketua Pengadilan Agama Tingkat Pertama Saat mengikuti acara pembukaan

 

tim PAWT

Ketua PA Wates didampingi hakim, sekretaris, kasubbag PTIP, Panmud, Juru Sita, dan staf saat mengikuti acara pembukaan bimtek 

Internalisasi Zona Integritas Melalui Dukungan Sosial Media

Internalisasi ZI

Jumat (11/06/21) pukul 13.20 WIB bertempat di ruang tunggu Pengadilan Agama Wates, jajaran pimpinan beserta seluruh pegawai mengikuti kegiatan pembinaan serta bincang-bincang santai dalam rangka Internalisasi Zona Integritas yang ditujukan kepada seluruh pegawai PA. Wates. Acara dipandu oleh Ketua Pengadilan Agama Wates Dr. Yuniati Faizah, S.Ag., S.H., MSI. dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Wates, Eldi Harponi, S.Ag., M.H.

Dalam pembukaannya, Dr. Yuniati Faizah, S.Ag., S.H., MSI menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung pembangunan zona integritas, “mulai dari sekarang kita bekerja bukan hanya dari yang kita cintai saja, namun juga mulai mencintai pekerjaan yang tidak dicintai.  Mulai ikut menyebarkan informasi berbagai kegiatan di PA.. Wates melalui komen dan like di sosmed-sosmed PA. Wates, misalnya. Sehingga informasi dan inovasi yang sudah kita lakukan dapat sampai ke semua pihak” ujar beliau.

Pada kesempatan yang sama, Eldi Harponi, S.Ag., M.H. menambahkan bahwa partisipasi semua elemen di PA. Wates, sangat membantu dalam penyebaran informasi pembangunan zona integritas di PA. Wates., “Kalo perlu, suami, istri pegawai dilibatkan dalam penyebaran informasi melalu sosmed ini. Ajak mereka untuk follow, like dan comment semua sosmed kita” tegas beliau.

Dalam acara tersebut disampaikan pula inovasi-inovasi yang ada telah dilaksanakan di Pengadilan Agama Wates seperti PatungkudaKu, Pembatasan Area Publik, PA Wates Menjawab,A dinda Eka,  Aplikasi WAQU-WAMU,dan Aplikasi SipMasKU. Selain itu untuk kemajuan Pengadilan Agama Wates terkait informasi dan kegiatan yang ada, Yuniati sekali lagi  menghimbau kepada seluruh pegawai  untuk selalu mengupdate informasi dan kegiatan pada sosial media Pengadilan Agama Wates. "Mari kita sukseskan dukungan untuk kemajuan PA Wates melalui media sosial kita".

Dari acara Internalisasi ZI ini diharapkan dapat menginternalisasi dan memberikan informasi kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Wates.  Diharapkan dengan kegiatan ini pembangunan zona integritas di PA. Wates dapat diketahui dan didukung oleh semua pihak.

Internalisasi ZI 1

pelantikan

 

Jumat (28/5/21), telah berlangsung prosesi acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Panitera Muda Hukum atas nama Muhammad Sayhon, S.H., dan Jurusita Pengganti atas nama Gangsar Mulyo dan pelantikan Panitera Pengganti atas nama Happy Rachmawati, SH., MH., dan Yuli Astanto Wahananing Hendra, SE., SH., MH.

Mengambil tempat di Ruang Sidang I Pengadilan Agama Wates prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan langsung oleh Ketua PA Wates, Dr. Yuniati Faizah, S.Ag., S.H., MSI. acara  berlangsung dengan hikmat serta tetap menerapkan protokol kesehatan Covid 19.  Acara dibuka dengan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI dilanjutkan dengan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah dan prosesi berakhir dilaksanakan pembacaan dan penandatanganan Fakta Integritas secara bersama-sama di depan Ketua Pengadilan Agama Wates.

Muhammad Sayhon, S.H. mendapat promosi jabatan sebagai Panitera Muda Hukum PA. Wates setelah sebelumnya menjabat sebagai Panitera Pengganti di PA. Yogyakarta Kelas IA. Ia lahir di Jakarta 52 tahun silam, memulai karir sebagai PNS di PA. Jakarta Timur pada tahun 2003 dan menjabat pertama kali sebagai Panitera Pengganti pada tahun 2010 di pengadilan agama yang sama. Pada tahun 2014 mutasi ke Pengadilan Agama Sleman dan terakhir sebagai Panitera Pengganti di Pengadilan Agama Yogyakarta sejak tahun 2016.  Sedangkan Gangsar Mulyo mendapat promosi jabatan sebagai Jurusita Pengganti PA. Wates setelah sebelumnya bertugas sebagai Pengadministrasi Registrasi Perkara di PA. Wates sejak 2020.

Adapun Panitera Pengganti yang baru saja dilantik yakni, Happy Rahmawati, S.H., M.H. sebelumnya bertugas sebagai Panitera Pengganti di PA. Temanggung dan Yuli Astanto Wahananing Hendra, SE., SH., MH. Sebelumnya bertugas sebagai Panitera Pengganti di PA. Mungkid.

 

prosesi pelantikan

Prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan dipimpin oleh Ketua PA Wates

                Acara pelantikan dan pengambilan sumpah ini dihadiri oleh Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris dan para pejabat struktural dan fungsional PA Wates. Selain itu, hadir juga perwakilan tamu undangan dari, Pengadilan Agama Yogyakarta, Pengadilan Agama Mungkid, Pengadilan Agama Temanggung, serta perwakilan keluarga dari pegawai yang dilantik dan diambil sumpah. (dw)

Sambutan ketua PA

Jumat (28/5/21), Keluarga besar Pengadilan Agama Wates melaksanakan acara Halal Bi Halal (Syawalan) menyambung datangnya Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Acara ini dihadiri oleh segenap pimpinan dan pegawai PA Wates. Selain itu, hadir pula para purnabhakti pegawai PA Wates.  

Pada sesi pertama, acara diisi dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Abu Bakar KIA, S.H. Selanjutnya, disambung dengan sambutan yang disampaikan langsung oleh Ketua PA Wates, Dr. Yuniati Faizah, S.Ag., MSI. Dalam sambutannya, Yuni menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para purnabhakti PA Wates. “Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak-bapak semua para purnabhakti. Ini menjadi hari yang sangat menggembirakan tentunya”, ujarnya. Ia juga menyampaikan bahwa acara Halal bi Halal ini menjadi momentum untuk saling mempererat tali persaudaraan.

Sesi Ceramah

Sesi Ceramah disampaikan oleh Drs. Wasil (Purnabhakti Pengadilan Agama Wates)

Acara puncak diisi dengan sesi ceramah yang disampaikan oleh Drs. M. Wasil, purnabhakti PA Wates. Dalam ceramahnya, Wasil menyampaikan kilas balik saat masih aktif bekerja. “Saya masih ingat bagaimana kami dulu memulai membangun Pengadilan Agama Wates ini. Kami merasakan beberapa kali saat pindah lokasi kantor”, ucapnya. Ia juga menyampaikan bahwa sejak dulu semangat dan kekompakan dari keluarga besar PA Wates tetap terjaga dengan baik. “Semangat dan kekeluargaan ini sejak dulu selalu berusaha dijaga dengan baik. Silahturahmi antar pegawai maupun mantan pegawai tetap tersambung. Tentunya Ini menjadi poin penting”, imbuhnya.

Acara ini juga menjadi momentum perkenalan bagi para pegawai yang baru saja dilantik. Pada akhir sesi, dilangsungkan kegiatan saling memaafkan serta ditutup dengan prosesi foto bersama. Dalam acara ini, peserta tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan Covid 19. (dw)

Perkenalan

Sesi Perkenalan para pegawai yang baru saja dilantik

halal bi halal

 

 

 

Senin (17/5) merupakan hari pertama kembali bekerja setelah libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Pada hari pertama tersebut, Pengadilan Agama Wates mengawali dengan kegiatan apel rutin Senin pagi. Selaku Pembina, Ketua Pengadilan Agama Wates, Dr. Yuniati Faizah, S.Ag., S.H., M.S.I.  

apel

Apel Rutin Senin Pagi

Dalam amanatnya, Yuni menyampaikan pesan selamat bekerja kembali kepada seluruh pegawai. “Saya menyampaikan selamat bekerja kembali kepada rekan-rekan semua. Setelah melalui ujian dalam bentuk puasa Ramadhan, kita telah sampai pada tahap untuk saling memaafkan”, ucapnya. Ia juga mengatakan bahwa momen hari raya bukan hanya penanda pelebur dosa antar sesama, tetapi juga merupakan momen untuk berintropeksi menjadi lebih baik. “Melalui lebaran ini, kita bisa jadikan momentum untuk bermuhasabah untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan meningkatkan semangat dan kualitas kerja”, imbuhnya.

halal bi halal 2

Halal bi halal Pegawai Pengadilan Agama Wates

Pada akhir sesi apel, dilanjutkan dengan kegiatan halal bi halal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Para pegawai berkeliling untuk saling bermaaf-maafan. Selesai halal bilhalal, untuk semakin meningkatkan rasa semangat dan keakraban diantara para pegawai pada siang harinya diadakan kegiatan makan siang  bersama.

makan bersama

Makan siang bersama pegawai Pengadilan Agama Wates