logo

CIPTAKAN MENAJEMEN EFEKTIF,

PIMPINAN PENGADILAN AGAMA WATES ADAKAN RAPAT

 

 

Wates (20/06/2024) – Pengadilan Agama Wates mengadakan rapat pimpinan yang bertempat di ruang Ketua. Rapat kali ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Wates, Nanang Moh. Rofi’i, S. Ag. Rapat ini juga turut dihadiri oleh Wakil Ketua Zulfa Yenti, S.Ag., M.Ag. beserta Sekretaris dan Panitera Pengadilan Agama Wates.

 

Rapat pimpinan

 

Rapat pimpinan ini merupakan rapat rutin yang dilakukan oleh pimpinan Pengadilan Agama Wates, untuk membahas tentang keadaan terkini ataupun kendala-kendala yang dihadapi oleh para pegawai Pengadilan Agama Wates dalam melaksanakan tugas sehari-hari, sehingga terciptalah manajemen organisasi yang efektif.

 

Adapun keadaan terkini yang dibahas dalam rapat pimpinan ini, meliputi pembahasan beberapa hal yaitu :
- Mengenai MoU PA Wates dengan Bank Syariah Indonesia (BSI)
- ⁠Monitoring dan Evaluasi kerja sama dengan Kantor Pos Indonesia
- ⁠Monitoring dan Evaluasi Zona Integritas
- ⁠Pelepasan pegawai yang akan mutasi
- ⁠Latihan kegiatan PTWP

 

rapat pimpinan 1

 

Di akhir rapat, Ketua PA Wates mengharapkan dengan dilaksanakannya rapat pimpinan secara berkala ini, para pimpinan PA Wates dapat sharing mengenai keadaan terkini serta mendapatkan solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi oleh PA Wates. Sehingga hal tersebut dapat mencegah miskomunikasi, baik antar pimpinan ke bawahan (top down) maupun suara dari bawahan ke atasan (bottom up).

MESKI SUDAH DIUMUMKAN DIUNDUR PARA PIHAK YANG AKAN MELAKSANAKAN SIDANG DI PA WATES TETAP MENDAPATKAN KOMPENSASI PELAYANAN

20240619 Kompensasi

pa-wates.go.id. Rabu, 19 Juni 2024. Untuk membangun kepercayaan Masyarakat terhadap Pengadilan Agama Wates, maka terkait dengan Standar Pelayanan yang berlaku di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Pengadilan Agama Wates memberikan kompensasi apabila terdapat keluhan dari pengguna layanan Pengadilan akan keterlambatan pelayanan yang diberikan dan tidak sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan.

Adapun standar waktu pelayanan dan kompensasi yang diberikan, sudah diatur didalam SK Ketua Pengadilan Agama Wates Nomor 83.a/KPA/SK.OT1.2/I/2024 Tentang Standar Pelayanan Peradilan.

Kompensasi kali ini diberikan oleh petugas PTSP berupa sarapan kepada para pihak yang akan melaksanakan persidangan di PA Wates. Bukan tanpa sebab persidangan pada hari Rabu ini ditunda selama 30 Menit. Rapat Dinas yang harus dihadiri oleh pimpinan dan hakim serta seluruh jajaran PA Wates mengharuskan seluruh kegiatan ditunda untuk sementara waktu.

20240619 Kompensasi 2

Para pihak yang akan mengikuti persidangan tidak merasa terganggu meskipun sidang diundur sejenak. Pengunduran tersebut diketahui para pihak dari pengumuman serta petugas penjaga sidang. Adanya kompensasi pelayanan juga merupakan wujud nyata bahwa PA Wates sangat memperhatikan para pihak yang dilayani. (aw)

PENGELOLA ANGGARAN PA WATES IKUTI BIMTEK SECARA DARING

 

Kamis 13 Juni 2024, Pengelola Anggaran Pengadilan Agama Wates yang terdiri dari Bapak Nurhidayanto S.H. selaku Sekretaris serta Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan didampingi oleh Kasubbag Umum dan Keuangan serta tim pengelola Anggaran Pengadilan Agama Wates mengikuti acara zoom meeting bimbingan teknis (Bimtek) di ruang Perpustakaan Pengadilan Agama Wates.

Zoom pengelola keuangan

 

Acara ini diadakan oleh Tim Keuangan Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI serta disiarkan secara live streaming pada TV Badilag untuk mensosialisasikan terkait PMK 119 tahun 2023 tentang Perjalanan Dinas Dalam Negeri Bagi Pejabat Negara. Pada pemaparan bimtek ini dipaparkan dua materi, yakni materi terkait PMK 119 tahun 2023 yang disampaikan oleh Direktorat Pelaksanaan Anggaran yaitu Bapak Suhartono.

 

Sedangkan untuk pemaparan materi kedua disampaikan oleh Direktorat Pelaksanaan Anggaran juga yakni Bapak Dhaniel Manurung yang memberikan materi berupa Overview Belanja Perjalanan Dinas Badan Peradilan Agama  Mahkamah Agung RI.

WhatsApp Image 2024 06 13 at 10.10.59 c700fce9

 

Setelah penyampaian dari kedua materi tersebut, moderatorpun memberikan kesempatan kepada peserta bimtek untuk menanyakan hal-hal yang masih belum jelas dan juga permasalahan yang ada di satker masing-masing, guna diberikan solusi dari permasalahannya.

 

TINDAK LANJUT DARI KONSULTASI KE KID D.I. YOGYAKARTA,

PENGADILAN AGAMA WATES ADAKAN RAPAT MONITORING DAN EVALUASI TIM PPID

 

 

Kamis 13 Juni 2024, Pengadilan Agama Wates mengadakan rapat Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi yang bertempat di ruang Media Center. Rapat ini dibuka oleh Bapak Nurhidayanto, S.H., selaku Sekretaris Pengadilan Agama Wates dan dipimpin langsung oleh Ibu Zulfa Yenti, S.Ag., M.Ag., selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Wates serta dihadiri juga oleh Tim PPID.

 

Sebelumnya Tim PPID PA Wates, telah menyambangi kantor Komisi Informasi Daerah D.I. Yogyakarta untuk berkonsultasi pada hari Jum’at 07 Juni 2024 dan ditemui langsung oleh Bapak Aswino Wardhana selaku Bidang Kelembagaan dan Bapak Untung Subagyo. Adapun catatan pada pertemuan tersebut yaitu perubahan indikator penilaian, Sehingga diadakanlah rapat ini untuk menindaklanjuti hasil konsultasi tersebut.

PPID 1

 

Pada rapat ini dibahas secara detail terkait dengan apa yang sudah dilakukan oleh Tim PPID dan juga Tim Media Sosial selama satu bulan ini dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Khusus untuk informasi publik, pemimpin rapat meminta untuk lebih dikembangkan melalui media sosial, hal ini dikarenakan untuk penyebaran informasinya lebih cepat daripada melalui website.

PPID

 

Adapun untuk media sosial lebih dikembangkan lagi untuk berita atau konten yang lebih bersifat informasi daripada kegiatan-kegiatan. Hal ini dikarenakan informasi-informasi terkait dengan informasi produk maupun pelayanan lebih diminati sekaligus lebih bermanfaat kepada masyarakat luas.

 

Diakhir rapat, Wakil Ketua Pengadilan Agama Wates berharap Monitoring keterbukaan informasi ini dapat dilakukan secara berkala dan dilakukan secara terjadwal hal ini untuk merespon berbagai hal terutama kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat luas maupun stakeholder Pengadilan Agama Wates.

RAPAT KOORDINASI ANTARA PA WATES DENGAN DUKCAPIL KULON PROGO TERKAIT INTEGRASI DATA DAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PASCA PERCERAIAN

20240612 dukcapil

pa-wates.go.id. Menindaklanjuti surat dari Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, pada Rabu tanggal 12 Juni 2024 Panitera Muda Gugatan Hj. Jafar Sodik mengikuti kegiatan Monitoring dan Evaluasi MoU antara Pengadilan Agama Wates dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kulon Progo di Ruang Rapat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Kulon Progo.

Rapat yang diadakan kali ini terkait Koordinasi Perpanjangan Kerja sama Pelayanan Dokumen Kependudukan (PencarKu) sebuah aplikasi dari Dukcapil sedangkan dari sisi PA Wates inovasi ini diberi nama Layanan ini dinamakan "PATUNG KUDAKU" yaitu "Pelayanan Terpadu Akta Cerai dengan Dokumen Kependudukan Kulon Progo". Hal yang menjadi perhatian utama pembahasan adalah dalam rapat koordinasi kali ini adalah terkait perpanjangan masa berlaku MoU antara PA Wates dan Dukcapil Kulon Progo.

Dalam penjelasannya Ir. Aspiyah selaku Kapala Dukcapil Kab. Kulon Progo memaparkan bahwa perpanjangan ini merupakan jawaban atas kebutuhan di masyarakat terkait percepatan pelayanan di bidang administrasi kependudukan. H. Jafar Sodik juga menambahkan sejak inovasi ini diluncurkan tahun 2021 layanan PATUNG KUDAKU ini disambut antusias oleh banyak pihak, diantaranya oleh Bupati Kulon Progo saat itu Drs. H. Sutedjo dan juga para pencari keadilan, karena memangkas birokrasi dan administrasi serta memberikan kemudahan kepada masyarakat. (aw)

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA WATES KLAS I B

Jl. K. H. Ahmad Dahlan Km.2,6 Wates, KP

Daerah Istimewa Yogyakarta

Telp: 0274-773059 / Fax: 0274-773478

Email Utama                      : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email Delegasi/Tabayyun  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

efbee Pengadilan Agama Wates

twiiter PaWates

insta pa.wates

youtube Pengadilan Agama Wates 

tiktok icon free png @pa.wates

whatsapp 082138348257