KOLABORASI APLIKASI SI PRIMA DAN APLIKASI DANI PERSINGKAT LAYANAN KEPADA MAHASISWA
pa-wates.go.id. Menindaklanjuti surat permohonan dari Universitas Negeri Yogyakarta yang sudah diunggah pada aplikasi Sistem Informasi Permohonan Riset dan Ijin Magang (SI PRIMA), hari Kamis tanggal 6 Juni 2024 PA Wates menerima 2 mahasiswa vokasi UNY jurusan Administrasi Perkantoran. Setelah mengisi daftar tamu pada aplikasi Buku Tamu Online PA Wates Feri Febrianda dan Revolusi langsung ditemui oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Ortala PA Wates Ari Wibowo yang sebelumnya sudah mendapatkan disposisi dari pimpinan.
Dalam observasinya Feri Febrianda dan Revolusi hanya membutuhkan kurang dari 10 menit untuk mengumpulkan bahan terkait administrasi perkantoran untuk tugas ujian akhirnya. Waktu yang singkat tersebut dikarenakan Aplikasi Disposisi Surat Aktif dan Inaktif (DANI) secara sistematis dan berjenjang memberikan informasi kebutuhan yang harus disiapkan terkait permintaan akan data.
Untuk menajamkan observasinya Feri Febrianda dan Revolusi juga menanyakan beberapa hal terkait administrasi perkantoran yang ada di PA Wates. Secara umum Ari menjelaskan bahwa administrasi perkantoran di PA Wates tidak lepas dari tugas dan fungsi PA Wates yaitu bertugas dan berwenang memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara antara orang-orang yang beragama Islam di bidang: perkawinan, waris, wasiat, hibah, wakaf, zakat, infaq, shadaqah dan ekonomi Syariah. Untuk menyelesaikan tusi tersebut maka administrasi perkantoran di PA Wates secara bisnis proses dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian kepaniteraan sebagai bisnis proses utama dan kesekretariatan sebagai supporting unit.
Sebelum menyelesaikan observasinya sebagai bentuk pelayanan yang optimal maka mahasiswa vokasi UNY tersebut diberikan kesempatan untuk lebih mengenal dan paham terkait alur administrasi perkantoran. Didampingi oleh Alfianita Atiq Junaelis Subarkah CPNS PA Wates untuk melihat beberapa aplikasi utama yang digunakan oleh PA Wates seperti SIPP dan antrian sidang di Kepaniteraan, SIKEP dan SAKTI pada Kesekretariatan. (aw)