PENILAIAN SAQ DARI KOMISI INFORMASI DAERAH SUDAH KELUAR,
PIMPINAN PENGADILAN AGAMA WATES TETAP LAKUKAN MONEV BERKALA PPID
pa-wates.go.id. Rabu, 9 Oktober 2024, Salah satu unsur penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah terpenuhinya hak publik untuk memperoleh informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, maka semakin tinggi pula akuntabilitas penyelenggara negara tersebut. Demikian pula keterbukaan informasi oleh penyelenggara negara atau Badan Publik memberikan ruang yang semakin terbuka bagi partisipasi publik dalam penyusunan kebijakan publik. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan informasi, dan seiring dengan laju teknologi komunikasi yang pesat, makin membuka cakrawala publik. Kesemua itu harus diimbangi dengan pengelolaan informasi publik yang terencana, adaptif dan aksesif bagi setiap pemohon informasi publik.
Untuk itu dibawah arahan Dewan Pertimbangan Pejabat Pengelola Dokumentasi dan Informasi, Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Wates, PPID PA Wates dan Tim Pelayanan Informasi melakukan rapat Monitoring dan Evaluasi (monev) PPID untuk bulan Oktober. Dalam sambutannya Nanang Moh. Rofi’i Nurhidayat menyatakan bahwa monev ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepatuhan Badan Publik dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik, mengidentifikasi, menginventarisasi, memberikan umpan balik, dan solusi permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan keterbukaan Informasi Publik, menjadikan bahan pengambilan kebijakan keterbukaan Informasi Publik.
Selain itu Wakil Ketua PA Wates Ibu Zulfa Yenti menyatakan bahwa Pencapaian tahun kemarin harus dapat terulang untuk tahun ini, untuk itu butuh kerjasama semua tim baik PPID maupun PPID Pelaksana. Nilai SAQ yang sudah keluar dari KID harus terus dipertahankan. Tahapan selanjutnya adalah masa sanggah dan penilaian uji akses, review website dan media sosial. Predikat Badan Publik Informatif dari KID DIY menjadi salah satu tujuan PA Wates untuk tetap dipertahankan. “Informasi Makin Berkualitas, Layanan Naik Kelas” menjadi tagline PPID dan Tim Pengelola Layanan Informasi.