Selasa (16/03/2021), Ketua Pengadilan Agama (PA) Wates, Dr. Yuniati Faizah, S.Ag., S.H., M.SI., didampingi Wakil Ketua, Eldi Harponi, S.Ag., M.H., serta Panitera, Suhartadi, S.H., melakukan briefing pagi di ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PA Wates. Kegiatan yang akan diagendakan rutin ini dimaksudkan sebagai sarana koordinasi, pemantauan, serta evaluasi pelayanan yang selama ini telah laksanakan.
Dalam briefing tersebut, Ketua PA Wates menyampaikan pesan-pesan penting terkait peningkatan kualitas dan kuantitas layanan yang harus diberikan kepada masyarakat. “Saat ini telah memasuki era serba cepat. Masyarakat tidak mau lagi dilayanani dengan pelayanan yang penuh birokrasi. Kita sebagai pelayan masyarakat harus mampu memberikan pelayanan terbaik sehingga masyarakat puas atas apa yang kita kerjakan.” Ujarnya.
Ia juga menekankan kepada para petugas PTSP untuk memberikan pelayanan prima. “Berikanlah pelayanan yang prima kepada masyarakat secara umum dan para pencari keadilan khususnya. Sebagai pelayan masyarakat, kita harus menerapkan prinsip pelayanan yaitu Sopan, Sapa, dan Senyum”, imbuhnya.
Yuniati Faizah juga menyampaikan mengenai pentingnya pengembangan kompetensi petugas pelayanan. Ia mengatakan bahwa diera perkembangan teknologi informasi, petugas pelayanan harus mampu beradaptasi dengan berbagai teknologi baru. Menurutnya, saat ini pelayanan tidak hanya berbasis manual, tetapi juga harus berbasis aplikasi.
Ketua PA Wates didampingi Wakil Ketua serta Panitera saat memberikan briefing pagi.
Ia mengatakan bahwa PA Wates telah memiliki banyak layanan berbasis daring seperti layanan E-court, gugatan mandiri, notifikasi melalui pesan singkat, hingga yang terbaru sedang dipersiapkan layanan Elektronik Survey Kepuasan Masyarakat (E-SKM). Layanan ini harus dioptimalkan dan disosialisasikan kepada masyarakat, khususnya para pencari keadilan yang paripurna menerima layanan di PA Wates.
Diakhir sesi, Wakil Ketua PA Wates menginstruksikan kepada para petugas PTSP untuk melakukan pendataan, pengarsipan, dan pengklasifikasian layanan yang selama ini telah diberikan. “Data-data ini nantinya akan sangat berguna bagi kita dalam rangka meningkatkan kualitas layanan yang diberikan”, jelasnya. (dw)